Dimbleweb-logo-33540801092020.png
contact@dimbleweb.com
Call Us (+62) 858 9081 2211

Blog

Get the latest articles, news and updates from us

Kategori

Arsip

Posted By: Admin


5 Strategi Untuk Membangkitkan Permintaan Konsumen

Permintaan Konsumen

Untuk membangkitkan permintaan konsumen terhadap suatu produk, perlu memerlukan berbagai macam strategi untuk mengenal market konsumen yang lebih jauh lagi. Salah satunya dengan melakukan berbagai macam penelitian, diantaranya riset pasar, mengenai apa yang dibutuhkan oleh konsumen, dan selalu mencoba untuk meyakinkan pasar bahwa produk yang Anda jual adalah sebuah produk yang bagus.


Perusahaan besar yang sudah professional sekalipun masih mengakui bahwa sebelum dan setelah usaha itu dibangun pasti akan selalu ada banyak pekerjaan yang masih perlu dilakukan untuk bisa menarik dan mengajak konsumen, agar konsumen menyukai dengan produk yang kita jual. Untuk melakukan itu semua, berikut ini jasa pembuatan website membagikan 5 strategi yang bisa Anda gunakan untuk membuat minat konsumen terhadap produk Anda meningkat.


Riset : Selalu melihat kebutuhan pasar

Perusahaan Anda harus selalu mencari tahu apa yang dibutuhkan masyarakat dengan memanfaatkan hasil survey maupun testimonial yang pernah diberikan oleh konsumen, entah itu berkaitan dengan produk ataupun tentang perusahaan Anda sendiri. Dengan melalui hasil riset tersebut nantinya akan muncul ide-ide segar yang bisa saja melahirkan produk baru untuk perusahaan Anda.


Menghasilkan Konten yang Berkualitas

Jika Anda baru saja mendirikan sebuah perusahaan baru, maka yang harus Anda lakukan adalah gencar berpromosi dan bisa membuktikan ke pasar bahwa produk yang Anda miliki tersebut bermanfaat dan berguna untuk konsumen. Biasanya untuk melakukan promosi diawal cara yang biasa dilakukan adalah mereview produk Anda di berbagai macam layanan media yanga ada, seperti media sosial, media cetak, maupun media online. Tujuannya untuk menginformasikan kepada pembaca bahwa produk Anda sangat berguna untuk konsumen yang membutuhkan.


Cobalah juga untuk merilis sebuah video yang menjelaskan tentang bisnis Anda, sebuah konten visual seperti video tersebut biasanya  akan membuat konsumen lebih mudah memahami tentang produk Anda. Semakin Anda menghasilkan konten yang berkualitas secara teratur, maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik pada produk Anda.


Review Customers

Jika Anda memiliki sebuah halaman website, perlu dipertimbangkan untuk menambahkan fitur review product ataupun kolom testimonial agar customers bisa memberikan input atau masukkan terhadap produk Anda. Perlu digaris bawahi bahwa konsumen akan lebih percaya bahwa produk Anda baik atau tidaknya berasal dari testimonial yang dikirimkan oleh konsumen lainnya. Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh Ipsos, ditemukan bahwa 78 persen pelanggan Amerika berusia 18 sampai 64 tahun yang berbelanja online akan melihat ulasan terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk.


Konsumen tidak akan ragu untuk membeli produk yang sama ditempat lain jika ternyata ulasan produk Anda ‘buruk’ dimata mereka. Hasil review dan masukkan tersebut nantinya yang bisa menjadikan tolak ukur untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.


Berikan penawaran produk untuk customer baru

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan agar nantinya produk Anda bisa memikat konsumen adalah dengan cara memberikan potongan harga spesial, promo, atau mungkin juga bisa memberikan produk Anda secara cuma-cuma kepada pelanggan baru untuk mencoba produk Anda tersebut.


Pada awalnya pelanggan mungkin masih ragu dengan produk Anda, dan enggan untuk membeli produk Anda sepenuhnya. Melalui beberapa cara diatas bisa memberi kesempatan kepada konsumen untuk mencoba produk Anda secara cuma-cuma atau melalui promo yang Anda berikan. Nantinya setelah pelanggan baru yang sudah mecoba produk Anda tersebut jika mereka menilai bagus dan produknya dibutuhkan, kemungkinan besar pelanggan tersebut akan membeli produk Anda seterusnya.


Membuat group khusus

Untuk mengapresiasi kepada pelanggan setia Anda, yang perlu Anda lakukan agar pelanggan yang sudah loyal tersebut bisa secara terus menerus membeli produk yang Anda jual, cobalah untuk membuat sebuah group khusus. Tujuannya untuk apa? Pertama, untuk menjalin komunikasi berkelanjutan dengan pelanggan. Kedua, bisa menjalin kedekatan secara lebih personal ke tiap-tiap pelanggan Anda. Dan ketiga, mungkin Anda bisa memberikan penawaran khusus untuk pelanggan yang telah Anda masukkan ke group tersebut. Intinya jika Anda semakin peduli, tanggap akan segala respon, maka pelanggan akan menjadi respect terhadap Anda dan pastinya akan menjadi loyal consumer nantinya.


Sebagai contoh  Virgin Airlines, sebuah maskapai penerbangan memberikan apresiasi kepada pelanggan setia mereka dengan  memberikan banyak tunjangan seperti diskon, check-in bisa lebih cepat dibandingkan dengan pelanggan regular, dan jadi prioritas untuk diterbangkan lebih awal disetiap penerbangan kemanapun.


Ketika jasa pembuatan website ingin mencoba meningkatkan permintaan produk yang lebih, maka yang HARUS dilakukan adalah mendengarkan keluhan, testimonial dari pelanggan dan terus meningkatkan keunggulan dari produk yang dimiliki, kemudian mencoba meyakinkan kembali bahwa produk yang dimiliki berguna dan dibutuhkan oleh konsumen.


Semoga Bermanfaat!