BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

TIPS JITU DAPATKAN IDE BISNIS STARTUP YANG POTENSIAL

11 November 2016

ADMIN

BISNIS

230 views


Keberadaan startup atau usaha rintisan berbasis digital saat ini memang sangat populer dan berkembang pesat, seperti salah satunya adalah Dimbleweb yang bergerak dibidang jasa pembuatan website. Bahkan karena sangat pesatnya, startup saat ini telah tumbuh sebagai bisnis atau usaha yang potensial untuk dijalankan.


Maka tak ayal dari sini makin banyak orang yang kemudian mencoba peruntungannya di usaha rintisan berbasis digital. Saat usaha rintisan berbasis digital ini semakin diminati, maka akan terbukalah banyak peluang diberbagai bidang yang bisa dikerjakan.


Namun, sayangnya meski makin banyak bidang yang dikerjakan startup namun ternyata tidak sedikit juga pebisnis yang masih kebingungan menentukan ide untuk usaha rintisan digital mereka. Lalu seperti apakah cara dan tips untuk Anda bisa mendapatkan ide bisnis untuk startup ini? Berikut ulasan dari Dimbleweb.


1. Gali Ide Bisnis Startup Dari Kegemaran

Tips pertama untuk mendapatkan ide bisnis startup adalah dengan menelusuri minat yang Anda miliki. Ya, seperti layaknya berbisnis, dalam menjalankan startup, Anda juga harus melandasinya dengan minat atau kesukaan.


Kenapa harus dilandasi minat? Ini dikarenakan ide bisnis yang diawali dengan minat akan membuat Anda nyaman saat menjalaninya. Dan saat Anda sudah nyaman, maka apapun masalah yang akan menghadang Anda di kemudian hari, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Bukan malah malas, Anda justru akan merasa tertantang untuk terus menghadapi dan menyelesaikan masalah.


Namun, jika ada ide bisnis yang tidak dilandasi minat, maka Anda merasakan kesulitan yang berlebih dan daya semangat yang rendah untuk menghadapi kesulitan tersebut.


2. Carilah Bidang yang Sudah Anda Kenal Lama

Bidang yang sudah dikuasai sejak lama akan sangat membantu Anda untuk mengatasi segala kesulitan saat Anda menjalankan bisnis startup. Mengapa demikian? Ini disebabkan bidang yang telah lama Anda tekuni sejak lama, maka Anda akan mengenal lebih banyak seluk beluk yang ada didalamnya.


Nah, disinilah Anda akan memiliki peluang besar untuk mengatasi segala tantangan dan permasalahan yang ada. Namun sebaliknya jika Anda tidak memiliki bidang yang lama dikenal, maka Anda akan kesulitan untuk mencari solusi dalam permasalahan yang ada.


3. Pelajari Startup Lain yang Anda Temui

Berikutnya tips untuk mendapatkan ide bisnis stratup adalah dengan mempelajari startup lain yang Anda temui. Ya, bisa jadi Anda memang membutuhkan referensi atau rujukan dari startup yang selama ini ada untuk memulai startup Anda sendiri.


Ide bisnis memang tidak sedikit yang muncul saat melihat dan mempelajari bisnis lainnya. Bahkan mempelajari bisnis lain memang seringkali menjadi andalan para pengusaha bukan hanya untuk mengkonsep bisnis baru namun juga untuk mendapatan strategi jitu mengalahkannya pada persaingan pasar.


4. Lakukan Pengamatan Pada Pasar

Pasar memang akan membuat Anda memiliki banyak opsi untuk Anda menentukan startup yang akan Anda jalani. Tak sedikit startup yang lahir dan kemudian bersinar sukses dari permasalahan konsumen di pasar.


Sebut saja Go-Jek, startup berkonsep ojek online yang saat ini telah menikmati masa-masa kejayaannya. Maka dari itu jangan ragu untuk terus mengamati atau melakukan survey pasar. Dengan melakukan pengamatan dan survey pasar, maka Anda akan memperoleh banyak hal yang mungkin saja tidak Anda prediksi sebelumnya.


Nah dari hal-hal inilah, Anda akan mendapatkan banyak ide dan inspirasi untuk bisnis startup yang akan Anda jalankan. Selain akan mudah untuk mendapatkan ide, inspirasi yang datang dari pasar akan membuat bisnis startup Anda akan mudah untuk diserap dan diminati pasar nantinya.


5. Dapatkan Dari Perkembangan Teknologi

Terkahir, tips untuk mendapatkan ide bisnis startup adalah dengan mendapatkannya dari perkembangan teknologi yang ada. Startup yang berhubungan dengan dunia teknologi tentu harus membuat para pelakunya wajib terus mengamati perkembangan teknologi. Jika pebisnis startup tidak bisa mengamati teknologi yang terus berkembang setiap waktu ini maka mereka akan ketinggalan kereta kejayaan.


Mengikuti perkembangan teknologi juga akan bermanfaat bagi Anda yang sedang akan mengawali bisnis startup. Dengan banyaknya info dalam berita teknologi yang muncul  setiap harinya, maka Anda bisa menyusun beberapa komponen dan ide untuk kemudian Anda lakukan analisis pasar dan menjadikannya sebuah bisnis rintisan digital.



Semoga Bermanfaat!