TERAPKAN 5 CARA BERIKUT INI BAGI ANDA PEKERJA LEPAS YANG SULIT MENYIASATI BUDGET ANDA

26 Februari 2016

ADMIN

BISNIS

454 views

Pekerja Lepas Picture

Dewasa ini, jasa pembuatan website melihat menjalani profesi sebagai pekerja lepas saat ini memang sudah banyak dijadikan pilihan yang diambil oleh banyak orang. Dengan adanya kecanggihan teknologi, saat ini pekerjaan memang bisa saja dikerjakan dari jarak jauh (remote). Dari sinilah maka sekarang ini banyak bermunculan pekerjaan yang berkonsep freelance (pekerja lepas).


Seperti juga pekerjaan lain menurut jasa pembuatan website, dalam menjalani pekerjaan lepas ini juga ada suka dan duka atau ada kelebihan dan kekurangannya. Kebanyakan pekerja lepas menyukai profesi nya karena waktu yang luwes (kebebasan mengatur waktu). Sedangkan duka atau kekurangan yang sering dikeluhkan oleh pekerja lepas adalah perolehan penghasilan yang tidak pasti dan cenderung kecil.


Pendapatan yang tidak menentu dan cenderung kecil inilah yang pada akhirnya membuat para pekerja lepas kelimpungan dan kesusahan untuk menyiasati budget yang diperolehnya. Nah, saran dari jasa pembuatan website bagi Anda yang juga menjalani profesi pekerja lepas dan mengalami permasalahan pengaturan budget ini maka Anda perlu membaca dan menerapkan tips menyiasati budget pekerja lepas berikut ini agar kondisi keuangan Anda tetap tangguh.


1. Hitung Penghasilan Rata-Rata Setiap Bulan

Tips pertama untuk menyiasati budget para pekerja lepas adalah dengan menghitung penghasilan rata-rata perbulannya. Meski Anda mendapati gaji yang fluktuatif setiap bulannya, Anda akan bisa mencapai keuangan yang efektif bila Anda mampu membuat perhitungan rata-rata per bulan. Caranya menghitung rata-rata penghasilan per bulan adalah dengan mengkalkulasi total penghasilan selama satu tahun untuk kemudian dibagi 12.


Nah dari angka yang didapat maka Anda bisa melakukan pencatatan pengeluaran per bulannya dengan tidak melebihi penghasilan rata-rata yang ada. Dengan cara ini maka neraca keuangan yang Anda miliki tak akan mengalami ketimpangan ataupun kehancuran. Mengapa? Sebab penghitungan rata-rata perbulan akan membuat Anda lebih bijak untuk urusan belanja setiap bulannya.


2. Prioritaskan Kebutuhan Pokok

Meskipun Anda telah mendapatkan angka rata-rata pendapatan per bulan, namun dalam hal belanja, Anda harus lebih bijak. Pastikan bahwa Anda telah memenuhi atau berbelanja kebutuhan pokok atau utama Anda sebelum Anda membelanjakan uang pada kebutuhan lainnya. Kebutuhan pokok memang selalu harus diprioritaskan dari pada kebutuhan yang lainnya.


Kebutuhan pokok sendiri umumnya terdiri dari kebutuhan pangan, sandang, papan dan kebutuhan rutin lainnya. Sedangkan kebutuhan seperti keinginan membeli motor, smartphone dan keinginan yang umumnya berasal hawa nafsu harus bisa Anda ke sampingkan dulu.

Baru setelah kebutuhan pokok dan utama ini terpenuhi dan ada sisa dari pendapatan, maka Anda baru bisa memenuhi keinginan tersebut. Terakhir tahan diri untuk tidak sampai mengajukan pinjaman hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu penting dan tidak mendesak.


3. Pekerja Lepas Wajib Disiplin Menabung

Jika Anda mampu bersabar untuk memenuhi keinginan membeli gadget atau kendaraan baru, maka sisa pendapatan yang ada akan lebih baik lagi untuk Anda tabung. Dengan menabung maka Anda akan mendapatkan ketengangan dan kenyamanan hidup. Selain akan membuat hidup Anda nyaman dan tenang, kebutuhan Anda pada keinginan akan gadget dan kendaraan bisa jadi membuat Anda lebih ringan dalam mendapatkannya.


Sebab dengan sabar dan menabung dulu, Anda tak perlu lagi melakukan pembelian secara kredit yang sebenarnya akan membuat Anda rugi. Dengan membelinya secara cash atau kontan maka Anda pun akan menghemat biaya pengeluaran dengan lebih efektif. Dengan disiplin dalam menabung minimal  20% dari penghasilan, maka masalah fluktuatifnya penghasilan Anda sebagai pekerja lepas pun akan teratasi.


4. Siapkan Dana Darurat

Kebanyakan orang yang mengalami kesulitan finansial disebabkan karena adanya kebutuhan besar yang mendadak atau darurat untuk segera dipenuhi. Saat datang kebutuhan hidup yang tiba-tiba dan besar, seseorang yang tidak memiliki dana cadangan memang akan kelimpungan atau kebingungan.


Maka dari itu bagi Anda seorang pekerja lepas yang ingin terhindar dari kebingungan saat muncul keadaan genting, maka Anda harus bisa menyisihkan dana untuk keperluan darurat ini. Dengan Anda melakukan hal ini maka kondisi budget Anda sebagai pekerja lepas akan selalu stabil dan tak mengalami keterpurukan.


5. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Terakhir, tips menyiasati budget para pekerja lepas adalah dengan menghindari gaya hidup konsumtif. Ya, sebesar apapun pendapatan yang Anda terima dari pekerjaan Anda sebagai pekerja lepas tanpa menerapkan gaya hidup yang bijak maka keuangan Anda akan selalu terpuruk. Mengapa demikian? Sebab gaya hidup memang sangat berpengaruh bagi neraca keuangan. Semakin konsumtif seseorang dalam hidupnya maka semakin sulit juga mereka akan mencapai keuangan yang sehat dan stabil.



Semoga Bermanfaat!