BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

SEPERTI APA PROJECT TANGO YANG DIRILIS OLEH GOOGLE?

14 Juni 2016

ADMIN

INTERNET

338 views

Project Tango Google

Perangkat ponsel pintar atau smartphone memang semakin tahun semakin canggih. Pengembangan teknologi smartphone oleh beberapa vendor memang menjadi tuntutan yang harus dipenuhi guna bisa memikat konsumen. Dan salah satu teknologi canggih terbaru yang sedang dikembangkan oleh vendor untuk perangkat smartphone adalah Project Tango yang dikembangkan oleh Google. Seperti apakah wujud teknologi Project Tango dari Google ini?


Kreativitas dan inovasi dari google tidak pernah ada kata mati, selalu dan selalu berkembang dan menciptakan sesuatu hal yang baru dan mencuri hati masyarakat yang menggunakan teknologi. Hal ini membuat salah satu entreprenur di Indonesia yang bergerak di bidang jasa yaitu jasa pembuatan website yang merupakan pengagum dari perusahaan GOOGLE yang semua orang telah mengetahui dan ikut merasakan teknologi yang dilakukan oleh GOOGLE, mencoba untuk terus berinovasi hingga dikenal dan mencuri hati masyarakat nusantara.


Berikut ulasan yang diringkas oleh jasa pembuatan website.


Apa itu Project Tango?

Project Tango sendiri adalah sebuah teknologi smartphone yang memanfaatkan computer vision untuk bisa mendeteksi posisinya tanpa membutuhkan GPS ataupun sinyal lain yang bersifat eksternal. Intinya dengan teknologi ini smartphone nantinya akan mampu mengenali lingkungan sekitar dan juga dapat mendeteksi pergerakannya sendiri dalam melintasi ruang tiga dimensi layaknya manusia.


Kemampuan ini memang bukan rekayasa, sebab dengan penanaman aneka sensor di dalamnya, smartphone akan mampu mendeteksi orientasi saat berada di genggaman pengguna. Inilah secara umum gambaran proyek ini.


Dari Navigasi Sampai Mobil Virtual

Dalam teknologi yang ada kemampuan sistem navigasi ciamik yang akan dimiliki oleh sebuah smartphone. Bagaimana tidak dengan antarmuka navigasi disajikan dengan perspektif 3D, maka ponsel mampu melihat dunia sekitar secara tiga dimensi layaknya manusia. Selai itu dengan teknologi Project Tango ini smartphone pun mampu mengetahui saat pengguna melakukan sesuatu yang mengubah ketinggian seperti menaiki tangga.


Tidak hanya soal navigasi, teknologi proyek dari Google ini juga diyakini mampu mengembangkan mobil virtual. Maksudnya di sini adalah dengan tambahan aplikasi Car Visualizer maka pengguna akan mampu menjelajahi mobil layaknya di dalam showroom. Mobil ini sendiri berwujud virtual, yang akan membuat pengguna bisa berinteraksi secara nyata seperti membuka kap mesin atau masuk ke dalam kabin.


Melihat kemampuan ini kemudian  banyak orang yang mengira bahwa proyek ini mirip dengan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Tapi Project Tango ini tidak menggunakan desain seperti pada VR atau AR namun teknologi ini didesain untuk berjalan secara standalone di smartphone atau tablet.


Tiga Pondasi Utama Project Tango

Dalam pengembangannya, teknologi Project Tango dihadirkan dengan tiga pondasi utama yaitu motion tracking, depth perception dan area learning. Dengan motion tracking maka perangkat atau smartphone akan mampu mengenali ruangan dan juga mampu mendeteksi gerakannya sendiri saat melintasi ruang tiga dimensi.


Selain itu teknologi ini juga memiliki kemampuan mendeteksi obyek-obyek di lingkungan sekitar, termasuk jaraknya yang disebut dengan kemampuan depth perception. Dan satu lagi kemampuan dari teknologi Google ini adalah pengenalan dan pengingatan kembali ciri-ciri fisik dari lingkungan sekitar yang pernah dikunjungi yang disebut dengan kemampuan area learning.


Project Tango Pertama

Setelah kita bicara lebih jauh tentang teknologinya, maka saatnya kita bicara perangkatnya. Ya, teknologi terbaru ini memang membutuhkan sebuah perangkat keras berupa smartphone. Smartphone yang diminta Google untuk teknologi ini sendiri harus memiliki spesifikasi seperti tablet Project Tango yang diperkenalkan pada 2015.


Spesifikasi yang harus dimiliki smartphone untuk teknologi ini sendiri yaitu empat buah kamera yang terdiri dari kamera 4 megapiksel di sisi belakang, kamera depan dengan bidang pandang, 120 derajat, kamera fish-eye dengan bidang pandang, 180 derajat, serta kamera depth sensing dengan resolusi 180 x 320 piksel.


Sejak pertengahan tahun 2014 sendiri Google telah memulai penyaluran development kit Project Tango dalam bentuk smartphone dan tablet. Dan pada tahun 2016 saat ini Google pada akhirnya mengumumkan program kerjasama atau kemitraannya dengan Lenovo untuk meluncurkan smartphone Project Tango pertama di pasaran.


Project Tango dalam Smartphone Lenovo Phab2 Pro

Perwujudan kerjasama Google dan Lenovo sendiri dalam menghadirkan Project Tango akhirnya memunculkan Lenovo Phab2 Pro. Lenovo Phab2 Pro ini sendiri telah diperkenalkan pada tanggal 9 Juni 2016 kemarin pada gelaran Tech World 2016 di San Francisco.


Lalu bagaimana dengan harganya? Sesuai janji Google dan Lenovo, produk ini akan dijual dengan banderol harga 499 dollar AS. Dan dari peluncuran ini kemudian berkembang wacana penerapan teknologi ini pada para pengguna gadget. Meski masih membutuhkan waktu dari kesiapan para vendor gadget, namun dengan bukti dan wujud penerapan teknologi Project Tango pada Lenovo Phab2 Pro ini akan membuat para gadgeters memiliki pilihan untuk gadgetnya.



Semoga Bermanfaat, Readers!