BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN WEBSITE

02 September 2016

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN WEBSITE

WEBSITE

1987 views

Sejarah Dan Perkembangan Website


Sejarah Website

Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Pada tahun 1991 website terhubung dengan jaringan.Ttujuan dari dibuatnya website pada saat itu yakni untuk mempermudah tukar menukar dan memperbaharui informasi kepada sesama peneliti di tempat mereka bekerja. Dengan demikian pengertian website saat itu masih sebatas tukar menukar informasi, bukan pengertian website secara terminologi.


Website dipublikasikan ke publik setelah adanya pengumuman dari CERN pada tanggal 30 april 1993. CERN menyatakan bahwa website dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Pada saat ini pengertian website sudah masuk ke dalam ranah publik karena sudah bisa digunakan oleh semua orang dimanapun dan kapanpun.


Dimbleweb mencoba menjelaskan tipe dan jenis dari website yang ada pada umumnya.


Secara garis besar, website bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

1.      Website Statis

2.      Website Dinamis

3.      Website Interaktif


Website Statis adalah web yang mempunyai halaman tidak berubah. Artinya adalah untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit code yang menjadi struktur dari website tersebut.


Website Dinamis merupakan website yang secara struktur diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain utama yang bisa diakses oleh user pada umumnya, juga disediakan halaman backend untuk mengedit kontent dari website. Contoh umum mengenai website dinamis adalah web berita atau web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, polling dan sebagainya.


Website Interaktif adalah web yang saat ini memang sedang booming. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum. Di website ini user bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka. Biasanya website seperti memiliki moderator untuk mengatur supaya topik yang diperbincangkan tidak keluar jalur.


Ketiga jenis website diatas merupakan jenis website yang sering dibuat oleh setiap developer di Indonesia seperti jasa pembuatan website, dimana yang paling diminati adalah jenis yang DINAMIS, dikarenakan pemilik website dapat melakukan pengubahan content secara mandiri.


Pengertian Web

World Wide Web, yang lebih populer disingkat dengan WWW merupakan satu buah ruang informasi yg digunakan oleh pengenal global yg dinamakan dengan URL (Uniform Resource Locator) utk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW tidak jarang dianggap sama dengan Internet dengan cara total, meski sebenarnya WWW sendiri hanyalah bagian daripada Internet. baca juga sejarah internet.



WWW merupakan kumpulan situs server dari seluruh dunia yg memiliki kegunaan untuk menyediakan data & info utk bisa digunakan bersama. WWW ialah sektor yg paling menarik dari Internet. Lewat web, para customer bisa terhubung informasi-informasi yg tidak hanya berupa teks namun mampu pula berupa gambar, nada, video & animasi.


Perkembangan Web

Sejak web ditemukan tahun 1990, Web semakin populer dan menjadi layanan internet dengan pengguna terbanyak. Sebagian pengguna internet bahkan mengira kalau Web adalah satu satunya layanan di internet. Teknologi Web pun terus bergulir dari era web 1.0, web 2.0 dan trend menuju web 3.0. Sayangnya, ciri ciri antara versi web 1.0,sampai 3.0 tidak ada kata sepakat antar para pakar. Namun demikian, bukan berarti kita tidak tahu polanya. Berikut ini adalah pola dari masing masing versi web menurut bebeberapa sumber yang saya baca.


Web 1.0

Web 1.0 dimulai sejak web era 90an. Ciri utama dari era ini adalah informasi yang bersifat statis.

Ciri - ciri dari web 1.0

    ·   Website umumnya bersifat static yang jarang berubah atau samasekali tidak berubah.

    ·   Website umumnya tidak interaktif.

    ·   Umumnya teknologi yang dipakai adalah teknologi tertutup.

    ·   Kebanyakan desain webnya menggunakan Frame.

    ·  Tampilan kombinasi warna dan textnya terlihat norak karena hanya terbatas pada 16 warna dan 6 jenis font.

    ·  Informasi yang ada umumnya berupa berita text dan gambar.

Teknologi web 1.0

   ·   HTML dasar, CSS dasar dan Javascript.

   ·   Flash dan Java applet.

   ·   Browser populer adalah Netscape dan Internet Explorer.

   ·   Koneksi internet masih dial up maximal 56kbps.


Web  2.0

Web 2.0 dimulai sejak era 2005 sampai sekarang, Ciri khas adari era ini adalah user generated content  dan jejaring social.

Ciri dari web 2.0

   ·   Website bersifat dinamis dan interaktif dengan adanya teknologi AJAX.

   · User bukan hanya sebagai konsumen tetapi juga sebagai produsen informasi dalam istilah populer adalah user generated content(contoh youtube atau wikipedia).

   ·   Teknologi yang dipakai umumnya open source.

   ·   Desain web menggunakan CSS layout.

   ·   Informasi terdiri dari text, gambar, audio, video  dan animasi.

   ·   Web sebagai media berkomunikasi dan berkolaborasi.

   ·   Jejaring social mendominasi di era ini.

   ·   Munculnya startup.

   · Munculnya jenis website seperti microbloging, photo dan video sharing, online bookmarking, blog dan jejaring social.

Teknologi  di Web 2.0

·   Ajax dan jQuery serta Javascript library mendominasi.

·   Meningkatnya penggunaan HTML5 dan makin menurunnya pengguna Flash.

·   Mobile Web dan Responsive web design.

·   XML dan JSON untuk pertukaran data.

·   Web API dan Mashup (Mashup adalah istilah menggabungkan beberapa layanan menjadi satu, contoh menampilkan tweet di Google maps).

·   Browser yang popular adalah Chrome,safari dan Firefox.

·   koneksi internet menggunakan broadband (>1MB/s).

·   Android dan iOS mendominasi pengguna mobile web.


Web  3.0

Web 3.0 adalah generasi selanjutnya dari teknologi web.  Ciri dari web 3.0 ada pada akses mobile, Semantic web dan personalifikasi.  Beberapa website yang dianggap merupakan cikal bakal dari web 3.0 adalah Instagram. Instagram disebut sebut sebagai awal dari generasi web 3.0 karena layanan ini hanya tersedia lewat mobile Device.

Ciri ciri Web 3.0

   ·  Integrasi web kedalam produk Rumah tangga seperti TV, Kulkas atau Jendala pintar atau home entertainment contoh produk ini adalah Smart windows dari samsung atau Google Nexus Q .

   ·   Semantic Web, Contoh dari penggunaan dari semantic web adalah Knowledge graph di Google Search.

   ·   Natural language  prosesing. Perintah menggunakan suara. Contohnya adalah Siri, Voice Action Android atau Voice search di Google.

   · Location based service dan personifikasi informasi. Web tidak lagi memberikan informasi, namun solusi. Contoh layanan ini      adalah Layar dan Google Now.

   ·   Komputer (dan web)  yang bisa dipakai , Contoh dari produk ini adalah Google glass.

Teknologi web 3.0

Untuk teknologi yang mendominasi web 3.0 adalah sbb:

   ·   Semantic Web (Contoh knowledge graph).

   ·   Artificial Intelegence (Siri).

   ·   Realtime comunication & colaboration (Google docs, Google Wave).

   ·   Augment Reality (Layar, aplikasi di android).

   ·   Computer generated Information (Contoh Wolfram Alpha).

   ·   HTML5 dan Cloud teknologi.



Semoga Bermnafaat!