BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

PENTINGNYA SEBUAH CMS UNTUK WEBSITE ANDA

17 Desember 2014

ADMIN

WEBSITE

360 views

Pentingnya Sebuah CMS Untuk Website Anda

Pernahkah Anda mendegar istilah CMS (Content Management System)? Jika pernah, apakah yang terbersit di pikiran Anda ketika mendegar kata tersebut?


Tentunya bagi Anda yang cukup familiar dengan dunia website, dapat langsung menyebutkan beberapa nama seperti Wordpress, Joomla, Drupal, Prestashop, dan lainnya. Dan benar sekali, itu semua adalah beberapa contoh dari CMS (Content Management System) atau Sistem Manajemen Konten.


Lalu, sebenarnya apakah kegunaan CMS? Perlukah Anda memiliki CMS untuk website Anda? Apa letak perbedaan mendasar dari website yang memiliki CMS dan website yang tidak memiliki CMS? Yuk, mari kita lihat secara lebih detail.


1. Apa itu CMS?

CMS adalah singkatan dari Content Management System / Sistem Manajemen Konten. Secara sederhana, kita dapat mengartikan CMS sebagai suatu sistem dimana kita dapat melakukan perubahan konten website dengan mudah. Maksud kata ‘dengan mudah’ di sini adalah:

  • Kita tahu dengan persis apa yang akan kita ubah
  • Kita mengetahui mekanisme bagaimana melakukan perubahan itu
  • Dapat digunakan oleh orang awam (yang hampir sama sekali tidak memiliki kemampuan teknis dalam bidang pengembangan website)


Untuk ilustrasi jelasnya, Anda dapat mencoba langkah berikut:

  • Buka salah satu website mana saja, lalu cobalah Anda menekan tombol Ctrl + U (atau klik kanan, lalu pilih “View Page Source”)
  • Anda akan melihat ratusan (atau ribuan) baris kode yang berfungsi menyusun halaman yang Anda buka sekarang. Secara gamblang, apabila Anda ingin melakukan perubahan terhadap salah satu bagian website, makan Anda melakukan perubahan di salan satu bagian kode tersebut
  • Dan itu berarti Anda wajib mengerti fungsi masing – masing kode yang ada di situ. Terbayang bukan? Mungkin bagi Anda yang berprofesi sebagai web designer atau web programmer tidak menemui masalah, namun bagaimana jika Anda sama sekali tidak memiliki kemampuan di bidang sana?


Di sinilah CMS berperan sangat penting. Anda dapat melakukan perubahan terhadap kode – kode tersebut, bahkan tanpa sama sekali perlu melihat kode – kode tersebut :)


2. Lalu, pentingkah memiliki CMS?

Tentu saja penting agar Anda dapat melakukan perubahan isi website Anda, sekali lagi, dengan mudah.


Sebagai contoh, Anda ingin mengubah deskripsi salah satu berita di website Anda. Bandingkan hal yang akan Anda lihat, dengan dan tanpa CMS.



Tentunya Anda jauh lebih memilih tampilan dengan memakai CMS, karena selain lebih enak dilihat, Anda mengetahui jelas bagian mana yang harus Anda ubah untuk mendapatkan perubahan yang Anda inginkan (dalam contoh gambar di atas, kita mengubah Judul dan Deskripsi). Bayangkan jika setiap Anda ingin menambah atau mengubah artikel tertentu, Anda selalu harus berurusan dengan kode – kode seperti di gambar bagian kanan.. J (dan itupun hanya sebagian kecil kode dari halaman website berisikan artikel yang Anda mau)


3. Website – website jenis apakah yang sebaiknya memiliki CMS?

Hampir semua website sebaiknya memiliki CMS, mengingat fungsi CMS yang memungkinkan:

  • Website diupdate secara berkala dengan mudah
  • Semua record konten website, terutama bagian – bagian yang bersifat ‘daftar’ (seperti daftar portfolio, daftar produk, atau daftar pengguna login) akan tersimpan dengan rapi

Namun beberapa website yang 100% wajib memiliki CMS adalah website – website dengan tipe:

  • Website portal (untuk kebutuhan manajemen artikel secara berkala, komentar pengguna, pengguna terdaftar dan lainnya)
  • Website katalog produk (untuk kebutuhan manajemen produk secara berkala)
  • Website toko online (untuk kebutuhan manajemen produk, pengguna terdaftar, manajemen pesanan pengguna, dan lainnya)
  • Website jenis lainnya yang membutuhkan interaksi dan penyimpanan data pengunjung website (seperti website tour & travel, website e-registration, website e-learning, website institusi pendidikan yang dikhususkan bagi para murid / mahasiswanya dan lain – lain)



4. Oke, saya sudah mengerti. Lalu, bagaimana cara membuat CMS?

Untuk membuat CMS, Anda dapat menggunakan berbagai CMS open source yang sudah ada, seperti Wordpress, Joomla, Drupal (biasanya untuk website umum, seperti profil perusahaan dan website pribadi), dan CMS – CMS khusus untuk toko online, seperti Prestashop dan Magento.


Anda juga dapat membuat sendiri CMS untuk website Anda, namun hal ini biasanya membutuhkan kemampuan teknis website programming (termasuk website design) yang cukup menyeluruh.


Apabila Anda ingin memiliki website dengan desain website yang menarik lengkap dengan CMS yang mudah digunakan, kami dari tim Dimbleweb siap membantu Anda! Hubungi kami di +62 858 9081 2211 dan konsultasikan kebutuhan website Anda dengan kami :)