BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

PENGUMUMAN PENTING FACEBOOK DI KONFERENSI F8 2016

15 April 2016

ADMIN

INTERNET

278 views

Facebook Picture

Facebook merupakan salah satu media sosial paling populer di seluruh dunia. Maka tidak heran apabila media sosial satu ini terus memperbaiki dirinya, dengan melakukan pembaharuan pada layanan dan juga fitur yang dikeluarkannya. Tindakan ini dilakukan karena mereka ingin merangkul lebih banyak pengguna lagi, serta terus berusaha untuk dapat memposisikan Facebook dijajaran teratas dari media sosial lainnya.


Hampir setiap tahun Facebook selalu mengadakan F8, konferensi ini sendiri mereka tujukan untuk para developer yang memanfaatkan layanan-layanan dari Facebook seperti hal nya jasa pembuatan website. Kemarin Selasa (12/4/2016), Facebook secara resmi membuka konferensi Facebook F8 2016 untuk tahun ini di San Fransisco, Amerika Serikat. Dalam kesempatan tersebut, raksasa media sosial telah mengumumkan beberapa update terhadap layanan-layanan lama mereka, serta juga merilis beberapa layanan baru.


Untuk lebih mengetahui apa saja layanan terbaru yang dikeluarkan oleh situs jejaring sosial Facebook, simak ulasan menarik dari jasa pembuatan website berdasarkan pengumuman yang dibuat Facebook di event konferensi F8 2016 ini.


1. Menyiarkan Siaran Langsung dengan Drone

Situs jejaring sosial satu ini nampaknya ingin lebih menunjukkan keseriusannya supaya bisa mengajak para penggunanya membuat video siaran langsung dengan menggunakan layanan Facebook Live. Beberapa hari yang lalu Facebook juga telah melengkapi layanan tersebut dengan 7 fitur baru. Saat ini, Facebook pun mengumumkan kalau mereka telah menyiapkan Application Program Interface (API), untuk dapat menghubungkan Facebook Live dengan berbagai perangkat selain dari smartphone.


Nantinya dengan API ini, para pengguna bisa menggunakan media alat perekam misalnya seperti GoPro dan memasangnya di drone, untuk merekam video di Facebook Live. Mevo merupakan sebuah kamera mungil yang bisa merekam gambar dengan kualitas 4K, dan menjadi kamera pertama yang dapat terhubung secara langsung dengan layanan Facebook Live.


2. Kamera Khusus Untuk Merekam Sampai 360 Derajat

Tidak hanya mendorong penggunanya untuk membuat video siaran langsung dengan Facebook Live, media sosial terbesar di dunia ini juga ingin mengajak membuat video rekaman 360 derajat. Agar bisa membantu para pengguna mereka dalam membuat video dengan format tersebut, Facebook pun telah meluncurkan sebuah kamera perekam 360 derajat yang bernama Surround 360.


Kamera ini sendiri tersusun dari 17 kamera-kamera kecil yang disusun secara melingkar agar bisa merekam situasi di sekelilingnya. Facebook juga telah melengkapi Surround 360 ini dengan algoritma yang bisa menyatukan gambar dari 17 kamera tersebut dalam waktu yang sangat cepat. Kelebihan itu pun dipertegas oleh pernyataan Brian K. Cabral, selaku Director of Engineering Facebook, ia pun menuturkan bahwa kalau algoritma yang telah diciptakannya dengan tim bisa mempercepat waktu penyatuan video dari yang awalnya berminggu-minggu menjadi hanya satu malam saja.


Selain itu yang lebih uniknya Facebook akan merilis kode algoritma tersebut di GitHub, agar bisa diakses dan dikembangkan oleh banyak orang. Facebook akan bersaing secara langsung dengan produsen ternama lainnya seperti Nikon, GoPro, dan Nokia yang juga telah membuat perangkat serupa.


3. Tidak Ada Lagi Pembajakan Video

Demi memberi rasa aman kepada para pembuat video yang ingin mengunggah karya mereka di media sosial Facebook, perusahaan yang berkantor pusat di Menlo Park California Amerika Serikat ini juga akan meluncurkan layanan terbaru yang diberi nama Rights Manager. Sesuai dengan namanya, layanan ini nantinya memiliki fungsi melindungi video-video yang dibuat oleh para pengguna agar tidak bisa dibajak oleh para pengguna lain tanpa izin dari pemiliknya.


Dengan layanan terbaru ini, seorang pembuat video bisa mengatur siapa saja yang diizinkan untuk dapat mempublikasikan ulang karya mereka di media sosial Facebook. Apabila ada pengguna asing yang mengunggah ulang sebuah video, maka sang pemilik asli akan mendapat notifikasi pemberitahuan, dan bisa melaporkan temuannya tersebut kepada Facebook.


4. Facebook Ingin Gantikan Pocket

Di tahun 2014 lalu, Facebook pernah memperkenalkan tombol Save to Facebook, yang memiliki fungsi untuk menyimpan sebuah halaman situs. Dimaksudkan supaya Anda bisa membuka halaman situs itu di lain waktu dengan menggunakan aplikasi Facebook. Facebook juga mengumumkan bahwa kalau tombol Save to Facebook tersebut akan bisa digunakan oleh situs manapun. Keputusan itu diambil karena menurut mereka layanan tersebut telah digunakan oleh 250 juta pengguna setiap bulannya.


Layanan terbaru ini serupa dengan yang disediakan oleh aplikasi Pocket dan Instapaper. Namun jika dibandingkan dengan tombol Save to Facebook, Pocket lebih punya keunggulan karena mereka telah melengkapinya dengan browser extension. Sehingga para pengguna tetap bisa menyimpan sebuah halaman situs walaupun situs tersebut tidak menyiapkan tombol Save atau sejenisnya.


5. Bisa Menggunakan Video Untuk Gambar Profil

Pada bulan September 2015 silam, para pengguna Facebook telah bisa memasang sebuah video sebagai gambar profil mereka. Pada konferensi F8, Facebook juga telah mengumumkan kalau mereka mengizinkan pengguna untuk menggunakan video yang mereka unggah di aplikasi lain untuk dijadikan gambar profil mereka di Facebook.


Agar video di dalam sebuah aplikasi bisa digunakan oleh para pengguna Facebook, aplikasi tersebut terlebih dulu harus tergabung dalam Facebook Profile Expression Kit. Saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang telah tergabung, misalnya seperti MSQRD, Boomerang, Lollicam, BeautyPlus, Cinemagraph Pro, dan juga Vine. Facebook juga telah memilih beberapa pengguna aplikasi mereka di platform iOS, untuk dilakukan uji coba pada fitur ini.


6. Bot Untuk Mempermudah Pemilik Bisnis

Untuk memudahkan para pemilik bisnis berinteraksi dengan pelanggannya menggunakan Messenger, Facebook kini telah memungkinkan mereka untuk dapat membuat sebuah bot. Fungsi dari bot ini sendiri adalah secara otomatis menjawab kebutuhan pengguna yang sudah disampaikan melalui Facebook Messenger.


Nantinya dengan bot ini, sebuah media bisa secara otomatis mengirimkan berita terkini kepada para pembacanya, atau sebuah toko makanan bisa langsung mengirimkan pesanannya pada para pelanggan mereka yang disampaikan lewat Facebook Messenger.


7. Pilihan Login dengan Nomor Telepon

Pada umumnya, ketika Anda akan menggunakan sebuah aplikasi, Anda harus terlebih dulu melakukan pendaftaran atau login menggunakan akun Facebook maupun Google. Dalam konferensi F8 kali ini Facebook telah mengumumkan kalau mereka baru saja membuat pilihan login baru yang diberi bernama Account Kit, dan juga bisa digunakan oleh berbagai layanan dan aplikasi mobile.


Apabila sebuah aplikasi sudah menggunakan layanan Account Kit, maka pengguna hanya perlu memasukkan nomor telepon untuk dapat melakukan login. Nantinya akan terkirim sebuah kode verifikasi ke nomor telepon pengguna yang harus dimasukkan untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut.


Walau Account Kit merupakan platform yang dimiliki Facebook, namun untuk dapat menggunakannya pengguna tidak perlu mempunyai akun Facebook terlebih dulu. Sebuah aplikasi streaming musik Saavn, telah mencoba menerapkan proses login dengan menggunakan Account Kit, dan akhirnya mengalami peningkatan jumlah pendaftar di aplikasi mereka hingga mencapai 33 persen.



Semoga Bermanfaat!