BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

MEMBUAT WEBSITE : SIAPKAN 8 HAL INI DULU SEBELUM MEMULAI

21 September 2015

ADMIN

WEBSITE

2140 views

Membuat Website Siapkan 8 Hal

Pengen tahu persiapan apa saja yang anda butuhkan dalam pembuatan website?

Berikut ini beberapa tips dari kami Jasa Pembuatan Website yang dapat menolong anda dalam pembuatan website. Anda hanya perlu melakukan persiapan– persiapan sederhana saja untuk memulai mengembangkan website pada tahap awal. Pada artikel ini, kami Jasa Pembuatan Website akan membahas 8 persiapan sederhana yang perlu anda lakukan.


Persiapan 1: Menentukan tujuan pembuatan website

Apa tujuan anda ingin membuat website ini? Apakah untuk mendapatkan pelanggan baru dari market online? Mungkin untuk memberikan pelayanan pelanggan melalui fitur online? Mungkin untuk kampanye marketing produk baru perusahaan anda?


Apapun tujuan anda membuat website ini, anda harus menjabarkan-nya dengan terperinci. Tujuan website yang terperinci akan sangat berpengaruh terhadap desain website tersebut, konten apa yang perlu dimuat, dan juga fitur – fitur yang dibutuhkan.


Persiapan 2: Menentukan target pengunjung website anda


Jika anda memiliki tujuan membuat website untuk menambah pelanggan dari market online, maka anda perlu tahu seperti apakah karakteristik target pelanggan anda. Setelah anda tahu seperti apa pelanggan anda, maka anda juga dapat mengetahui bagaimana kebiasaan pelanggan anda berinteraksi dengan dunia online.


Persiapan 3: Menentukan konten yang mau dibuat pada website


Sebuah website harus menyediakan konten yang dapat mengubah pengunjung menjadi pembeli atau membuat pengunjung melakukan hal apapun yang kita inginkan untuk mencapai tujuan pembuatan website.


Mungkin konten utama pada website anda adalah persentasi produk perusahaan anda. Namun konten seperti itu adalah konten yang mungkin hanya dilihat sesekali oleh pengunjung website anda.


Persiapan 4: Definisikan hal yang perlu dilakukan oleh pengunjung website anda


Apa yang anda inginkan untuk pengunjung website anda lakukan di website anda? Membeli produk anda? Mendaftar akun? Membagikan konten anda ke social media? Apapun yang anda inginkan, pastinya hal tersebut sangat berkaitan dengan tujuan dibuat-nya website anda.


Persiapan 5: Teknologi apa yang akan anda gunakan


Majunya perkembangan teknologi memiliki dampak besar terhadap perubahan kebiasaan konsumen online sehari – hari. Mungkin anda sudah sering mendengar bahwa sekarang lebih banyak konsumen yang mengakses internet melalui perangkat mobile. Website yang anda buat harus bisa mengakomodasi hal tersebut.


Teknologi responsif sekarang sudah tidak asing lagi. Kebanyakan website yang berkembang di dunia, sudah mengadopsi teknologi responsif sejak 2 – 3 tahun yang lalu. Website yang anda gunakan sebaiknya dapat mengakomodasi perangkat mobile.


Persiapan 6: Apa strategi marketing yang akan anda gunakan


Website yang sudah berjalan tidak dapat dengan sendirinya mendatangkan pengunjung. Banyak hal yang harus dilakukan untuk mendatangkan pengunjung ke website anda.

Pertama – tama adalah membuat konten yang dicari oleh orang. Namun, hal ini memerlukan waktu yang cukup lama hingga website anda berhasil dikunjungi orang dengan sendirinya.


Hal kedua dapat membuat website anda lebih cepat dikunjungi orang, yaitu melalui online advertising. Anda dapat memasang iklan di Google Adwords maupun social media.


Persiapan 7: Membuat persiapan pembentukan tim untuk membuat dan mengurus website ini


Berapa banyak orang dan spesialisasi apakah yang anda butuhkan untuk membuat dan mengurus website anda, itu semua tergantung dari pada jenis bisnis anda dan tujuan anda membuat website. Tim untuk membuat website e-commerce pasti akan sedikit berbeda dengan tim untuk membuat website forum. Misalnya, marketing, web design, web programmer dll.


Persiapan 8: Menentukan budget pembuatan website


Untuk membuat konten yang sangat berkualitas pada website anda, diperlukan para tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Kemudian untuk membuat sebuah website dengan fitur yang cukup rumit anda memerlukan programmer yang juga sudah berpengalaman. Begitu juga dengan desain dan divisi – divisi lainnya.


Contoh biaya untuk menjalankan website ke depannya yaitu: biaya marketing per bulan-nya, biaya gaji tim yang mengurus website, biaya development ke depannya untuk penambahan fitur atau perbaikan fitur – fitur yang kurang tepat, biaya upgrade hosting jika diperlukan, dan lain – lain.