BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

MAU TAHU TEKNIK 24/7/30 YANG MENJADI RAHASIS SUKSES FOLLOW UP NETWORKING?

19 Februari 2016

ADMIN

BISNIS

373 views

Rahasia Sukses Follow Up Networking Picture

Jasa Pembuatan Website melihat dalam dunia bisnis kita telah mengenal tahapan follow up sebagai salah satu step krusial untuk dapat menarik minat calon mitra ataupun konsumen. Dalam tahapan ini kita diharuskan untuk mampu memberikan stimulus yang dapat menyakinkan calon mitra atau konsumen untuk menjalin kerjasama atau pembelian.


Jika dihubungkan dengan kebutuhan networking atau memperluas jaringan bisnis, fungsi dari tahap follow up menjadi lebih kompleks. Pasalnya selain harus menarik, apa yang kita lakukan juga harus memberikan gambaran umum bagi calon mitra agar yakin menjalin kerjasama ke depannya. Tak jarang kegagalan terjadi karena kita tidak menerapkan teknik yang tepat untuk menggaet perhatian mitra bisnis.


Oleh karena itu pada artikel kali ini jasa pembuatan website akan membahas tentang salah satu teknik follow up networking yang dikembangkan oleh pengamat dan expert di bidang networking, Ivan Misner. Teknik yang berfokus pada batasan waktu ini diberi nama teknik 24/7/30. Tertarik ingin mengetahui lebih dalam tentang teknik 24/7/30? Berikut ulasan lengkapnya.


Sekilas Tentang Follow Up Networking Teknik 24/7/30

Seperti diketahui dalam dunia bisnis waktu merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang kesuksesan. Bahkan hingga terjatuh kata mutiara ” waktu adalah uang”, yang lantas dijadikan pedoman oleh banyak entrepreneur di seluruh dunia.


Nah teknik 24/7/30 yang dikembangkan oleh Misner ini pada dasarnya juga berfokus pada penggunaan atau efisiensi waktu. Sekilas mungkin rekan-rekan sudah tahu makna di balik angka-angka tersebut, dan memang benar setiap angka tersebut merepresentasikan unit waktu tertentu. Angka 24 mewakili jumlah jam dalam satu hari, 7 mewakili jumlah hari dalam satu minggu dan 30 adalah jumlah hari dalam satu bulan. Pada tiap unit waktu tersebut, Misner memasukkan target-target tertentu yang harus dicapai dalam upaya follow up networking.


Target target tersebut tentunya tidak disusun secara sembarangan. Setiap tahapnya dibuat berdasarkan, kebiasaan serta kemungkinan yang bisa menarik perhatian calon mitra untuk bergabung dalam network atau jaringan kita. Lebih lengkap, ketiga tahapan waktu tersebut dijelaskan berikut ini:


24 Jam

Dalam teknik ini, Minser memulai tahap follow up ketika kita sedang berada pada satu event bersama calon mitra yang hendak kita rangkul. Ketika kita berada dalam satu event, kita mempunyai waktu 24 jam untuk mendekatkan diri dengan sang calon mitra. Dan caranya, sebenarnya sangat mudah yakni seperti memberikan sapaan hangat atau memberikan catatan catatan kecil.


Istilah kesan pertama menentukan segalanya memang tidak sepenuhnya salah, ketika kita ingin membangun networking kita harus memberikan kesan pertama yang benar-benar baik dengan calon mitra tersebut. Memberikan sapaan yang sopan namun tetap kekeluargaan, perlahan akan membangun kepercayaan antara anda dengan mitra tersebut. Cara lain bisa dilakukan dengan mengirimkan pesan singkat, atau catatan lain yang bisa mereka terima dalam waktu singkat atau kurang dari 24 jam. Inilah tahap pertama yang harus dilalui.


7 Hari

Ketika kita sudah mulai mendekatkan diri lewat pertemuan awal, tahap berikutnya yakni untuk mulai terhubung dengan calon mitra tersebut. Batasan waktu untuk tahap ini yakni 7 hari. Dalam rentan waktu tersebut kita bisa terhubung dengan calon mitra lewat berbagai kanal. Yang paling muda di era teknologi seperti saat ini yakni melalui media sosial. Dengan menjalin pertemanan di media sosial, setidaknya kita mulai membangun dasar dari networking kita.


Yang perlu diperhatikan selama masa 7 hari ini adalah, jangan sampai kita terkesan menggebu-nggebu atau bahkan seperti memaksa untuk terhubung dengan calon mitra tersebut. Atau jika kita membangun jaringan untuk memasarkan sesuatu jangan sampai mitra kita menganggap kita sedang berjualan di tahap awal perkenalan.


30 Hari

Tahap terakhir dalam teknik ini adalah untuk memulai menjalin kerjasama yang lebih serius setelah mengetahui adanya ketertarikan dari pihak calon mitra. Untuk mencapai tujuan ini kita diberikan waktu kurang lebih 30 hari atau 1 bulan.


Dalam tahapan ini kita harus sudah benar-benar mengenal dengan baik yang bisa dilakukan melalui pertemuan langsung. Pertemuan ini memang bisa dijalankan lebih mudah jika calon mitra tersebut berada di lokasi yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja kita. Namun jika calon mitra tersebut berada di beda wilayah atau bahkan beda negara, kita tetap bisa mengakali dengan melakukan video call atau lewat panggilan telepon biasa.


Tahap follow up networking ini memang diperuntukkan jika kita sudah mempunyai kepastian bahwa calon mitra tertarik untuk menjalin jaringan bisnis. Dan indikator ketertarikan tersebut bisa dilihat dari dua tahap sebelumnya.


Menurut Misner, jika semua tahapan tersebut telah dijalankan dengan maksimal maka akan terjalin sebuah rutinitas atau hubungan yang kuat antara anda dengan calon mitra. Dari hubungan tersebut tentunya kekuatan jaringan bisnis yang kita idam-idamkan bisa tercapai dalam waktu dekat.



Semoga Bermanfaat!