BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

MAU TAHU 6 CARA PROFESIONAL PROMOSIKAN DIRI DI KANTOR AGAR KARIR CEPAT MELAMBUNG?

27 Januari 2016

ADMIN

UMUM

477 views

Promosikan Diri Di Kantor Picture

Sebagai seorang yang bekerja di dunia profesional, tentu kita semua tidak ingin karir kita hanya berjalan di tempat. Jasa pembuatan website mendapatkan satu kata formula yang menarik yaitu PROMOSI, untuk mendapatkan karir yang bagus dan terus meningkat. Nah, masalahnya adalah, kadang untuk mendapatkan promosi itu bukanlah perkara yang mudah. Karena bukan perkara yang mudah, maka Anda harus bisa merebut hati perusahaan agar tertarik dan melihat kemampuan dan keahlian Anda dalam bekerja.


Survey dari jasa pembuatan website yang melihat banyak sekali harapan dari setiap karyawan di perusahaan yang menginginkan posisi karir yang lebih tinggi dari pada posisi sekarang. Untuk itu, yang harus Anda lakukan sekarang adalah bagaimana cara Anda mempromosikan diri Anda secara profesional di mata perusahaan.


Jasa pembuatan website memberikan beberapa hal yang bisa Anda lakukan, perhatikan 6 cara di bawah ini untuk mendukung dalam proses mempromosikan diri di perusahaan.


1. Anda Perlu Mengenali Diri Secara Lebih Mendalam

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mengenali diri Anda secara lebih mendalam. Maksudnya adalah, ketahuilah apa yang menjadi kelebihan Anda dan apa yang menjadi kekurangan Anda. Perlu Anda ketahui juga bahwa proses ini tidak hanya tentang keahlian Anda dalam bidang pekerjaan saja, namun bagaimana Anda bersikap dan bagaimana penilaian orang lain kepada Anda juga perlu Anda ketahui.


Dengan cara ini, Anda bisa melakukan perbaikan diri terlebih dahulu pada beberapa kekurangan yang Anda miliki dan dalam waktu yang sama Anda juga harus fokus untuk memaksimalkan kelebihan yang Anda miliki.


2. Kenali Juga Kompetitor Anda

Ini juga perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan proses promosi diri Anda. Identifikasikan siapa saja yang mungkin berpotensi menjadi kompetitor dalam perjalanan karir Anda. Setelah teridentifikasi secara spesifik, pelajari apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari kompetitor Anda. Bukan bermaksud untuk menghalangi karir mereka dengan cara yang tidak terhormat, namun bersainglah dengan sehat.


Tingkatkan kemampuan Anda jika Anda rasa Anda kalah dengan kompetitor Anda dalam bidang tertentu. Perlu juga Anda sadari bahwa bersaing dalam karir bukan lantas berarti Anda harus bermusuhan dengan kompetitor, bersainglah dengan cara profesional dengan mereka.


3. Tentukan Target Komunikasi Anda

Sampai tahap ini, saya anggap Anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan Anda sendiri dan tentunya juga kompetitor. Selanjutnya adalah, tentukan target komunikasi, yang dimaksud target komunikasi dalam hal ini adalah orang-orang yang memiliki peran penting terhadap perkembangan karir Anda. Orang tersebut bisa saja atasan, teman kerja atau bahkan bisa juga konsumen perusahaan.


Dari beberapa orang ini, Anda harus mampu menjalin sebuah komunikasi yang positif dan intens. Jika Anda dan mereka kenal lebih dalam, tentu ini akan mempermudah proses dalam rangka mempromosikan diri Anda pada perusahaan.


4. Berkomunikasilah Dengan Profesional Dan Tidak Berlebihan

Setelah menentukan target komunikasi Anda, sekarang saatnya Anda untuk merealisasikan rencana-rencana Anda. Anda harus mampu berkomunikasi secara profesional dan tidak berlebihan. Jangan terlalu agresif dalam berkomunikasi dengan target Anda, usahakan senatural mungkin. Jika target komunikasi Anda adalah rekan kerja atau atasan, maka akan sangat baik jika Anda memanfaatkan forum-forum yang ada di perusahaan untuk dijadikan sebagai media komunikasi dengan mereka.


Ada beberapa forum yang bisa Anda manfaatkan, seperti meeting, presentasi atau forum-forum lain yang tidak resmi seperti bagaimana cara Anda bergaul, bagaimana Anda memperlakukan orang lain di perusahaan dan sebagainya.


5. Terus Kembangkan Diri Anda

Sembari menunggu hasil dari apa yang sudah Anda lakukan, sebaiknya Anda terus belajar dan terus mengembangkan diri, jangan pernah berhenti. Ini dilakukan agar Anda selalu memiliki nilai semakin baik sehingga tentunya akan memudahkan proses promosi Anda. Jangan habiskan waktu luang Anda dengan kegiatan yang tidak berguna, manfaatkan dengan sebaik-baiknya.


6. Lakukan Evaluasi

Setelah beberapa tahapan sudah Anda lakukan, maka terakhir adalah melakukan evaluasi. Perlu Anda ketahui bahwa evaluasi dilakukan untuk mengetahui bagaimana penilaian orang lain terhadap Anda setelah berbagai program Anda lakukan.


Caranya adalah bisa dengan melakukan diskusi secara langsung baik dengan atasan maupun dengan rekan kerja Anda. Tanyakan kepada mereka bagaimana kinerja Anda selama ini, apakah semakin baik atau justru semakin buruk. Dari situ nanti Anda akan mendapat informasi yang bagus tentang diri Anda.



Semoga Bermanfaat!