BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

MAU BUKA BISNIS TANPA HARUS REKRUT PEGAWAI BARU?

20 Juli 2016

ADMIN

BISNIS

278 views

New Business

Namanya menjalankan bisnis pasti Anda sebagai pemilik usaha akan membutuhkan tenaga kerja untuk membantu Anda mengerjakan roda bisnis. Apalagi jika bisnis Anda sudah mulai berkembang pesat, maka kebutuhan akan tenaga kerja tentulah sangat dibutuhkan. Namun hal ini bisa tidak berlaku untuk beberapa bisnis yang baru saja didirikan atau mulai dijalankan.


Menurut jasa pembuatan website, bagi para pemilik bisnis yang masih tergolong masih baru ini merekrut tenaga kerja atau pegawai baru merupakan hal sulit untuk diputuskan. Bahkan tak jarang beberapa pebisnis baru ini mengalami dilema tingkat akut saat dihadapkan dengan masalah ini.


Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan bisnis baru yang notebene masih memiliki dana terbatas akan sangat memperhitungkan dengan sangat detail pengeluaran yang akan dilakukan, termasuk saat merekrut pegawai. Nah, dari sinilah masalah tersebutlah yang sering membelenggu para pengusaha saat akan membuka bisnis.


Lalu bagaimana solusinya? Apakah usaha yang baru ini memang benar-benar harus menarik pegawai? Tentu saja tidak. Bagi Anda pengusaha yang baru saja membuka bisnis, Anda memiliki beberapa opsi untuk tidak merekrut pegawai dengan menjalankan beberapa tips dari jasa pembuatan website.


1. Mulai dari Hal Sederhana yang Bisa Dimanfaatkan

Tips pertama membuka bisnis baru tanpa harus merekrut pegawai baru adalah dengan cara memulai sesuatu dari yang hal sederhana. Apalagi jika bisnis Anda tergolong benar-benar baru, maka Anda memang harus mencari hal-hal sederhana untuk bisa dimanfaatkan. Hal-hal sederhana ini bisa Anda dapatkan dengan melakukan riset terlebih dahulu tentang perilaku calon konsumen Anda.


Misalnya bila Anda menemukan bahwa calon konsumen sering mengacuhkan brosur, maka Anda tak perlu repot-repot mencetak brosur. Anda bisa membuat pemasaran yang sederhana yaitu dengan cara online yang mungkin saja akan lebih efektif. Dengan hal yang sederhana seperti membuat pemasaran online ini maka Anda tak perlu lagi mengeluarkan dana untuk merekrut pegawai pemasaran.


2. Manfaatkan Teknologi yang Ada

Teknologi saat ini memang memiliki peranan yang cukup penting bagi manusia. Dengan kecanggihan yang dimilikinya, teknologi sudah terbukti mampu membantu segala kegiatan manusia. Termasuk dalam dunia bisnis, pebisnis sudah bisa memanfaatkan teknologi ini untuk mempermudah dan membuat nyaman Anda dalam menjalankannya.


Bagaimana tidak, beberapa hal yang bisa membuat binsis baru ini kelimpungan seperti masalah mendirikan toko dan pemasaran, bisa diatasi dengan mendirikan toko online dan pemasaran digital (melalui media sosial) yang murah bahkan tanpa biaya alias gratis. Dengan cara memanfaatkan teknologi ini tentu Anda sekarang sudah tak perlu lagi merekrut pegawai bukan?


3. Gunakan Tenaga Freelancer

Berikutnya, tips untuk membuka bisnis tanpa merekrut pegawai adalah dengan menggunakan jasa freelance (tenaga lepas). Menggunakan tenaga lepas untuk membantu bisnis Anda tentu akan jauh lebih menguntungkan bagi bisnis baru Anda daripada Anda harus merekrut pegawai tetap.


Selain ongkos atau biaya yang lebih murah, Anda tentu tak perlu repot-repot dan dipusingkan oleh penyediaan tempat bagi para freelancer tersebut. Hal ini dikarenakan  para freelancer ini bisa Anda lepas untuk mengerjakan pekerjaan secara remote melalui pengawasan dari jarak jauh lewat internet.


4. Manfaatkan Jaringan atau Relasi

Jaringan atau relasi memang hal yang sangat penting. Bahkan saking pentingnya, seorang pengusaha yang berencana mau menjalankan bisnis diharuskan memiliki jaringan atau relasi yang kuat. Saat pebisnis baru ini mempunyai jaringan atau relasi yang kuat, maka mereka akan banyak diuntungkan ketika mengelola dana yang terbatas untuk bisa menggerakkan bisnisnya. Dalam hal ini Anda tak perlu lagi repot-repot merekrut pegawai baru untuk usaha Anda.


Dengan jaringan atau relasi yang ada, Anda bisa memanfaatkannya untuk mau membantu Anda menyelesaikan beberapa sisi bisnis Anda. Nah setelah usaha Anda dirasa cukup sudah memiliki dana yang kuat, barulah Anda bisa merekrut pegawai.


5. Mintalah Bantuan Orang Terdekat

Terakhir, tips untuk membuka bisnis tanpa merekrut pegawai baru adalah dengan meminta bantuan atau pertolongan orang-orang terdekat Anda. Orang-orang terdekat seperti ayah, ibu, kakak, adik, paman, bibi atau bahkan istri Anda sendiri bisa Anda mintai pertolongan sementara untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dari bisnis Anda. Saat, usaha dan kas Anda sudah dirasa cukup baik maka Anda bisa melakukan perekrutan pegawai.



Semoga Bermanfaat!