BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

LIMA HAL INI SERING TAK DISADARI MEMBUAT KONSENTRASI KERJA KACAU

24 Juni 2016

ADMIN

UMUM

320 views

Konsentrasi Kerja Picture

Melakukan pekerjaan apapun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya kita memerlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi. Tanpa konsentrasi dan fokus sulit rasanya kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi untuk mendapatkan fokus dan konsentrasi ini seringkali kita banyak mendapatkan gangguan. Dan jika kita tidak waspada, gangguan tersebut sering datang tanpa kita sadari dan akhirnya kita hanyut yang kemudian membuat kerja kita menjadi kacau.


Untuk itu, untuk bisa meningkatkan konsentrasi dalam bekerja, ada baiknya Anda juga memahami beberapa hal atau masalah yang sering membuat konsentrasi kerja kacau. Di bawah ini adalah beberapa masalah yang sangat berpotensi mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja, perhatikan dengan baik ulasan dari jasa pembuatan website.


1. Penggunaan Media Sosial

Tidak bisa dipungkiri bahwa aktif dalam menggunakan media sosial pasti sedikit banyak akan mengganggu konsentrasi kerja Anda. Dan ini semakin diperparah dengan keberadaan media sosial yang semakin beragam jenisnya.


Sering tidak kita sadari bahwa unggahan atau postingan status terbaru dari teman di media sosial dapat mengundang kita untuk menghabiskan waktu memperhatikannya. Dan unggahan status itu tentu tidak hanya satu saja, sehingga tanpa terasa kita pun akan kehabisan waktu karena menunda pekerjaan dan lebih mementingkan membaca status dari teman media sosial kita. Saran paling bagus adalah jangan membuka media sosial sama sekali  ketika sedang dalam pekerjaan.


2. Mengecek dan Membaca Surat Elektronik

Mungkin saat ini email atau surel adalah barang wajib yang harus dipunyai oleh setiap pekerja sibuk, dan melakukan pengecekan dan membaca email tentu merupakan kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan. Namun demikian, kadang sering jari kita gatal untuk segera membalas serbuan email yang masuk, padahal terus-terusan membalas surat elektronik akan menghabiskan waktu produktif Anda.


Sekedar tips, sebaiknya Anda sisihkan sedikit waktu khusus untuk membuka dan membalas email yang masuk. Batasi dan sortirlah setiap email yang masuk, buat klasifikasi mana yang harus dibalas sekarang dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu. Setelah proses itu selesai, tutup email Anda dan kembalilah pada pekerjaan.


3. Terlalu Sering Menjawab Telepon

Menjawab telepon adalah salah satu pekerjaan penting jika Anda adalah seorang resepsionis atau seorang costumer service dari perusahaan. Namun jika Anda adalah pegawai pada sektor lain, maka sebaiknya batasi penggunaan telepon Anda.


Untuk mengganti peran telepon ini, jika terkait dengan pekerjaan, maka Anda bisa menggunakan kotak pesan atau email sekiranya tidak mendesak. Karena ketika menerima telepon, sudah barang tentu konsentrasi saat kita bekerja akan terganggu. Dan, biasanya kita akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan konsentrasi kerja seperti sedia kala ketika kembali bekerja.


4. Multitasking

Memiliki bakat dalam mengerjakan beberapa tugas dalam sekali waktu mungkin adalah suatu kelebihan, dan seringkali menjadi impian banyak perusahaan pada karyawannya. Namun perlu Anda ketahui bahwa multitasking ini ternyata berpotensi sangat merugikan bagi perusahaan pada sisi waktu.


Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa ketika seseorang beralih dari tugas satu pada tugas lainnya, seseorang akan kehilangan waktu pada masa peralihan tersebut. Sehingga, ketika seseorang bisa menjalankan banyak tugas, maka pasti akan memperbanyak potensi waktu yang hilang. So, yang harus dilakukan adalah membuat skala prioritas terhadap pekerjaan yang membutuhkan intensitas tinggi atau prioritas yang lebih.


5. Teman Kerja

Teman kerja adalah seorang yang sangat penting untuk membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan dari perusahaan. Teman kerja bisa jadi adalah tim dan partner kerja yang harus bisa saling bahu membahu dengan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.


Namun di sisi lain, teman kerja yang tidak profesional justru akan menjadi pengganggu Anda dan itu akan sangat merugikan Anda. Anda bisa kehilangan konsentrasi kerja ketika tiba-tiba saat bekerja teman Anda datang dan mengajak ngobrol pada hal yang tidak penting. Dan akan semakin memperburuk keadaan jika teman Anda tersebut tidak menyadari apa yang dia lakukan.


Baiknya jika memang teman Anda tidak memahami kondisi yang sedang terjadi, Anda sebaiknya segera memberitahunya. Katakan padanya bahwa Anda sedang ingin bekerja dan tidak ingin diganggu dengan kehadirannya. Bicara saja dengan jujur, namun tetap dengan cara yang sopan.



Semoga Bermanfaat!