BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

INILAH BEBERAPA KEJADIAN MENGEJUTKAN DI RANAH TEKNOLOGI DUNIA, SEPANJANG TAHUN 2015

18 Januari 2016

ADMIN

UMUM

461 views

Kejadian Mengejutkan Di Ranah Teknologi Tahun 2015 Picture

Setelah sebelumnya jasa pembuatan website membahas segala pencapaian pemerintah Indonesia di bidang teknologi dan informasi sepanjang tahun 2015, saat ini kita akan coba bahas bidang yang sama namun dalam ruang lingkup yang lebih luas yaitu dunia.


Dalam dunia yang lebih besar tentu banyak kejadian besar dalam bidang teknologi yang pernah terjadi. Apalagi saat ini bidang teknologi ini yang semakin meningkat pertumbuhannya, tentu saja hal ini menjadikan pembahasannya semakin menarik. Lalu apa saja beberapa hal besar dan mengejutkan pada bidang teknologi yang terjadi sepanjang tahun 2015 ini? Berikut ulasan kembali yang coba diringkas oleh Tim Jasa Pembuatan Website.


1. Januari 2015: Microsoft Melompati Angka 9

Kejadian besar dan mengejutkan  pertama dari ranah teknologi yang terjadi di bulan Januari tahun 2015 adalah Microsoft yang melompati angka 9. Melompati angka 9 maksudnya adalah operating system Microsoft yaitu Windows yang membuat kejutan dengan meluncurkan Windows 10 dari yang sebelumnya Windows 8. Dengan demikian maka peluncuran Windows 10 dianggap mengejutkan sebab Windows 10 melewati atau melomati Windows 9 dari sebelumnya Windows 8.


2. Februari 2015: FCC Mendukung Netralitas Bersih

Dengan mendukung konsep netralitas bersih, pada bulan Februari, FCC (Federal Communications Commission) memutuskan untuk mengatur internet sebagai utilitas publik. Ini menjadi gerbang baru semakin lebarnya akses informasi via internet untuk ke depannya.


3. April 2015: Tombol Dash Amazon dan Apple Watch

Pada bulan April yang dikenal dengan adanya tradisi momen April Mop, semuanya dibuat tertipu saat Amazon mengumumkan tombol “Dash” pada 31 Maret. Ketika itu semua beranggapan bahwa apa yang dilakukan Amazon tersebut merupakan lelucon April Mop.


Namun lambat laun ternyata semuanya baru memahami bahwa tombol “Dash” itu bukanlah lelucon tapi hal sungguhan. Tombol “Dash” sendiri digunakan untuk benar-benar memesan produk-produk di Amazon.


Masih dibulan April, selain tombol Dash Amazon, dunia teknologi juga dikejutkan dengan kabar Apple Watch yang tak kunjung berhasil mencatatkan pencapaian positif meski telah diberitakan sejak lama.


4. Juni 2015: Apple Membuka Diri

Pada Bulan Juni, Apple kembali mencatatkan dirinya pada daftar mengejutkan di tahun 2015. Pada saat itu Apple mengumumkan bahwa pihaknya akan membuat bahasa pemrograman Swift menjadi open source. Dengan adanya bahasa pemrograman ini artinya setiap pemrogram nantinya akan dapat mengunduh dan melakukan modifikasi sesuai keinginan mereka.


5. Juli 2015: Ellen Pao dan Reddit

Setelah mengalami kekalahan dalam gugatan atas mantan majikannya dalam diskriminasi gender pada bulan Maret 2015, Ellen Pao kembali mencatatkan dirinya pada bulan Juli. Pada bulan ketujuh kalender masehi itu Ellen memutuskan untuk mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO interim Reddit. Pengunduran Ellen ini disebabkan atas pemberontakan pengguna terhadap penembakan karyawan dari situs berbagi tautan (link-sharing) populer itu.


6. Agustus 2015: Google Menjadi Alphabet 

Perusahaan raksasa Google masuk dalam daftar mengejutkan di ranah teknologi tahun 2015 pada bulan Agustus. Saat itu Google mengemparkan dunia dengan mengumumkan Alphabet sebuah perusahaan baru hasil reorganisasi manajemen Google Inc. secara total.

Pada bulan yang sama kabar mengejutkan juga datang dari New York Times yang secara terang-terangan membeberkan budaya kerja Amazon yang dinyatakan sebagai tempat yang cukup buruk untuk bekerja. Berita ini lantas di bantah keras oleh Amazon.


7. September 2015: Apple Mendukung Pemblokir Iklan di iOS dan merilis Stylus untuk iPad

Pada bulan September 2015, Apple membuat dua berita mengejutkan di ranah teknologi. Berita pertama adalah terjadinya kepanikan di media dan industri periklanan akibat dari pembaruan yang terjadi pada pembaruan OS yang dilakukan oleh Apple. Dari sini kemudian mengakibatkan pengguna Apple dibiarkan untuk memasang perangkat lunak pemblokir iklan pada iPhone dan iPad mereka.

Berita mengejutkan kedua dibuat Apple ketika mengumumkan iPad Pro, tablet/laptop hibrida berukuran besar. Dari tablet tersebut ada pengenalan stylus seharga US$ 99 bernama Apple Pencil yang ternyata konsepnya dibenci oleh Steve Jobs.


8. Oktober 2015: Tesla Menghadirkan Teknologi Mobil Otomatis

Pada Oktober, CEO Tesla Elon Musk  membuat kejutan dengan merilis pembaruan perangkat lunak yang menyulap kendaraan Tesla Model S menjadi mobil (yang hampir) otomatis seutuhnya. Di bulan yang sama perusahaan rintisan Theranos dan pendirinya Elizabeth Holmes mengalami kebingungan ketika laporan di Wall Street Journal mengangkat keprihatinan serius atas efektivitas dari layanan yang ditawarkannya.


9. Desember 2015: Mark Zuckerberg Menjadi Seorang Ayah

Di penghujung tahun 2015, pendiri Facebook Mark Zuckerberg menjadi seorang ayah setelah istrinya Priscilla Chan melahirkan putrinya Max Zuckerberg. Sebagai rasa syukurnya atas kelahiran putrinya, Mark Zuckerberg lantas merencanakan untuk menyumbangkan 99 persen saham di Facebook untuk Chan Zuckerberg Initiative selama masa hidupnya.



Semoga Bermanfaat!