BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

INGIN MENJADI SEORANG PROGRAMMER ? PERHATIKAN 4 HAL BERIKUT INI.

25 Mei 2016

ADMIN

WEBSITE

473 views

Programmer

Programmer memang sebuah profesi yang membanggakan untuk disandang. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika ingin terjun kedalam dunia kepenulisan coding ini. Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi di dunia ini, profesi programmer semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang mengharuskan untuk menggunakan teknologi komputer. PROFESI PROGRAMMER juga terkadang merintis usaha mereka sendiri, sepeti yang dilakukan oleh jasa pembuatan website, dimana para programmer disini lebih meningkatkan jam terbang mereka dan terus mengasa skill mereka demi meningkatkan kualitas mereka.

Profesi ini memang sangat menjanjikan untuk masa depan, karena tidak memandang usia dan latar belakang pendidikan. Dan sekarang ini banyak yang menjadi seorang programmer bukan dari latar belakang pendidikan komputer asalkan memiliki pengetahuan tentang penulisan bahasa pemrogramman. 


Simak beberapa hal berikut ini dari jasa pembuatan website untuk menjadi seorang programmer.


1. Programmer Harus Memiliki Logika yang Kuat

Dalam pembuatan suatu aplikasi, seorang programmer harus menggunakan logikanya. Aplikasi yang dibuat merupakan sebuah alat atau tools yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu masalah. Dengan aplikasi tersebut, dapat menyelesaikan perhitungan yang rumit dalam waktu yang singkat. Dan dengan aplikasi tersebut dapat melakukan penyimpanan serta pemanggilan data dengan sangat cepat.


Aplikasi yang dibuat oleh para programmer merupakan hasil dari penulisan code-code komputer dengan menggunakan berbagai bahasa komputer. Adapun beberapa bahasa komputer tersebut yaitu HTML, CSS, PHP, MySQL, JavaScript, Visual Basic, Ruby dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam penulisan bahasa komputer inilah mengharuskan kita untuk menggunakan logika matematika.


2. Harus Kuat Duduk Berlama-lama Di Depan Laptop atau Komputer

Profesi seorang programmer adalah sebuah profesi yang kesehariannya tidak lepas dari laptop. Jika Anda tidak suka dengan duduk berlama-lama di depan layar komputer, sebaiknya berpikir terlebih dahulu untuk menjadi seorang penulis code program komputer. Tidak hanya itu saja, seorang programmer biasanya memiliki waktu istirahat yang tidak teratur dikarenakan sering begadang ditengah malam untuk melakukan pembuatan suatu program komputer.


Selain itu, Anda juga harus terbiasa dengan komplain dari klien yang diajak kerja sama dengan Anda dalam pembuatan suatu aplikasi. Revisi demi revisi akan Anda alami dalam menyelesaikan suatu project. Perlu juga bagi seorang programmer memiliki keahlian dalam berkomunikasi.


Sering kali terjadi bahwa seorang penulis program komputer hanya mempedulikan keahliannya dalam pembuatan aplikasi komputer dan menyepelekan akan pentingnya komunikasi sehingga terjadi kesalahpahaman terhadap atasan atau klien dalam penyampaian pesan. Dengan begitu sulit sekali untuk seorang programmer membuat sebuah aplikasi yang sesuai dengan keinginan klien-nya.


3. Sesering Mungkin Untuk Latihan dan Terus Belajar

Dengan begitu banyaknya syntax dan berbagai bahasa komputer yang harus dipelajari, latihan menjadi hal yang sangat diperlukan. Sering terjadi pada seorang programmer yang sudah jarang mempraktekkan ilmunya pada salah satu bahasa pemrogramman menjadi lupa. Maka dari itu pentingnya untuk mengulang dan melakukan latihan sesering mungkin di waktu luang. Dengan latihan tersebut, membuat Anda akan terbiasa dan menjadi di luar kepala pada saat ingin menulis sebuah code-code bahasa pemrogramman.


Dan perlu diingat bahwa, programmer tidak hanya menguasai satu bahasa komputer saja. Dalam pembuatan aplikasi, ada beberapa bahasa pemrogramman yang harus dikuasai. Contohnya dalam pembuatan website, seorang programmer harus menguasai bahasa pemrogramman untuk Front End yaitu tampilannya serta Back End untuk pembuatan sistem lalu lintas data dan pengaturan databasenya.


4. Selalu Update Dengan Perkembangan Teknologi Komputer

Teknologi komputer akan selalu mengalami perkembangan yang signifikan, sehingga bagi yang bergelut dengan dunia pemrogramman komputer harus mengikuti perkembangan tersebut agar tidak tertinggal. Bahasa-bahasa program yang telah ada pun ikut mengalami perkembangan dalam bentuk perbaikan fungsi serta penambahan syntax-syntax baru. Bahasa pemrogramman yang mengalami perkembangan yakni HTML, CSS, PHP, Visual Basic, dan lain sebagainya serta ada pula bahasa pemrogramman yang sudah tidak lagi terpakai.


Bahasa pemrogramman terbagi menjadi 2 jenis yakni desktop dan web base. Dan saat ini yang sedang marak dan ramai dipelajari yaitu bahasa pemrogramman web base. Namun tak kalah pentingnya bahasa pemrogramman desktop yang merajai dunia ponsel adalah Android (JAVA). Adapun bahasa pemogramman yang berbasis web terupdate yaitu HTML5, CSS3, Bootstrap (salah satu dari framework CSS), PHP, CodeIgniter dan Laravel serta YII (framework dari PHP), Javascript dan masih banyak lagi yang lainnya.



Semoga Bermanfaat!