BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

HARUSKAH SAYA MEMILIKI WEBSITE?

18 November 2014

ADMIN

WEBSITE

370 views

Haruskah Saya Memiliki Website

Pertanyaan ini mungkin seringkali Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri. Apakah saya harus memiliki sebuah website? Seberapa efektifkah website tersebut untuk saya nantinya?


Hal ini sangat wajar ditanyakan, mengingat masyarakat kita belum sepenuhnya ‘melek’ teknologi (bahkan ada beberapa yang masih tidak mengerti apa itu ‘website’). Namun, di sini kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin seringkali mengganggu pikiran Anda ketika memutuskan apakah akan membuat website untuk kebutuhan usaha ataupun pribadi Anda.


Jika Anda tanyakan, apakah HARUS atau TIDAK HARUS, kami tentu saja menjawab TIDAK HARUS. Namun, kami akan melanjutkan dengan tambahan SEBAIKNYA IYA. Kita harus mulai menyadari peran website yang paling utama, sebenarnya bukanlah untuk sekedar ‘mempromosikan’ usaha yang kita punya (yang artinya hanya cocok untuk pemilik usaha besar), tetapi lebih kepada menyajikan informasi yang dicari – cari oleh pengunjung. Masuk akal bukan, jika pengunjung telah menemukan informasi yang telah mereka cari di website Anda, kemudian mereka baru berniat membeli produk Anda? Karena seperti kata pepatah, ‘Tidak kenal maka tidak sayang’. :)


Di sini kami akan memberikan beberapa tips mengapa SEBAIKNYA Anda memiliki website yang bagus untuk usaha ataupun kebutuhan pribadi Anda.


1. Website adalah media promosi digital Anda yang tahan selama 24 jam, 7 hari seminggu, tanpa batasan ruang dan waktu

Setuju bukan? Ketika Anda memiliki suatu website dengan domain pribadi, maka website Anda dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dimana saja selama para pengunjung Anda memiliki koneksi internet. Bandingkan dengan media promosi konvensional seperti poster kertas yang sewaktu – waktu bisa rusak karena cuaca, selebaran yang sewaktu – waktu bisa hilang, ataupun spanduk billboard yang hanya diam di satu tempat dengan biaya yang sangat mahal. Bandingkan dengan website yang harganya bisa jauh lebih murah dari itu, bisa diakses kapan saja, siapa saja, dan dimana saja. Manakah yang lebih Anda pilih?



2. Jangan terpengaruh anggapan miring bahwa ‘punya website’ ataupun ‘tidak punya website’ itu SAMA SAJA

Karena tentu saja tidak. Mungkin Anda sudah banyak mendengar keluhan dari teman ataupun rekan Anda yang sudah memiliki website tetapi ‘tidak merasa’ mendapatkan manfaat apapun dari website yang mereka miliki. Namun, sebaiknya Anda ingat juga untuk menanyakan kata ‘MENGAPA’ di pikiran Anda, sebelum akhirnya memutuskan untuk setuju dengan anggapan mereka.


Apakah website mereka sudah memiliki desain website yang baik?

Seperti di artikel sebelumnya, betapa desain website mampu meningkatkan keinginan pengunjung untuk berinteraksi lebih lanjut terhadap bidang usaha Anda. Mungkin saja website yang mereka miliki, hanya memiliki desain ‘ala kadar’nya yang tentu saja tidak mampu ‘meyakinkan’ para pengunjung untuk berinteraksi lebih jauh.


Apakah website mereka sudah up to date?

Banyak sekali dari pemilik website yang akhirnya ‘meninggalkan’ website mereka seperti dalam keadaan pertama kali dibuat. Tentunya hal ini tidaklah efektif, karena ketika pengunjung pada dasarnya selalu berharap ‘ada sesuatu yang baru’ dalam website Anda, sehingga mereka akan selalu tertarik untuk mengunjungi website Anda di kemudian hari. Website yang baik adalah yang memiliki ‘desain yang baik’ dan selalu ‘up to date’.



3. Jangan lupa untuk mem ‘promosikan’ website Anda sendiri

Ingat bahwa website Anda bukanlah ‘satu satunya’ yang ada di dunia internet. Ada jutaan website yang memiliki tipe sama dengan website Anda, dan tentunya Anda sendiri juga harus ‘aktif’ dalam mempromosikan website Anda kepada para calon pengunjung setia Anda. Anda dapat mempromosikan nya melalui media sosial kepada teman – teman Anda untuk melihat barang – barang ataupun informasi yang Anda tawarkan lengkap di website Anda. Selalu ingat untuk menggunakan media sosial untuk mempromosikan website Anda, dan website Anda untuk mempromosikan informasi dan produk yang Anda tawarkan. Hal ini sudah terbukti sangat efektif dan akan membuat Anda mampu ‘menyanggah’ semua anggapan miring yang Anda lihat seperti di point ke 2. Cara lain adalah dengan mengoptimalkan website Anda melalui kata kunci pencarian, yang disebut dengan SEO (Search Engine Optimization) dan hal ini akan kita bahas lebih lanjut di artikel selanjutnya. :)


Secara keseluruhan, memiliki website sebagai media promosi Anda di dunia maya, merupakan salah satu langkah paling tepat yang harus mulai Anda pikirkan sekarang.


Satu hal yang patut Anda ingat adalah terlepas dari betapapun hebatnya dampak potensial yang akan Anda dapatkan ketika sudah memiliki website, hal tersebut tidak akan terlepas dari seberapa baik Anda mampu memaintain website Anda sendiri. Milikilah website dengan desain website yang menarik, mudah di perbarui / di update, dan teruslah berpromosi. Pada akhirnya, kami yakin semuanya akan membuahkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi dan harapan Anda! :)