BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

DOMAIN VS HOSTING

30 Agustus 2016

ADMIN

WEBSITE

319 views

DOMAIN VS HOSTING

Sejarah Domain dan Web Hosting

Bila kita menengok ke belakang, perkembangan domain tidak lepas dari perkembangan internet, keduanya seperti anak kembar yang selalu tumbuh bersama dalam satu asuhan. Supremasi Paman Sam memberikan konstribusi yang besar bagi perkembangan domain. Pada tahun 1985, hanya enam domain saja yang terdaftar yaitu Symbolics.com menjadi yang pertama sebagai website yang mendaftarkan dirinya menjadi domain dengan ekstensi .com (commercial).


Seiring perkembangan teknologi, maka pada tahun 1998 Departemen Perdagangan Amerika Serikat mengeluarkan proposal Privatisasi DNS (Domain Name System) yang dikenal dengan nama Green Paper yang bertujuan meningkatkan persaingan pasar. Namun kemudian Green Paper mendapat pertentangan dari White Paper yang mengajukan pembentukan ICANN ( Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sebagai pengganti pemerintah Amerika Serikat dalam hal control atas internet.


Sedangkan Web Hosting itu sendiri diperkenalkan sekitar tahun 1991 yang memeberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mempublikasikan sebuah informasi untuk diketahui umum, saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan penyewaan Web Hosting yang diperuntukan baik untuk perusahaan maupun untuk perorangan, jenis Web Hosting yang ditawarkan saat ini sangat bervariasi dari muali kapasitas ruang penyimpanan, kecepatan akses, anggaran yang dikeluarkan, lalu lintas data. dan salah satunya arifhosting yang menyediakan fasilitas hosting free hosting untuk pemula selama satu tahun.


Pengertian Domain dan Web Hosting


Domain adalah nama pengganti dari ip address yang akan menuju pada server tertentu dan biasanya diwakili oleh adanya website.

Contoh nama domain : www.flimmerce.com


Hosting adalah tempat untuk menyimpan data digital yaitu termasuk text, gambar, atau video yang nantinya kesemua informasi tersebut akan di tampilkan dalam bentuk website.


Apa Fungsi dan Hubungannya Antara Domain dan Hosting?

Domain dan hosting merupakan sebuah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, kalau diibaratkan hubungan antara domain dan hosting seperti kunci dan gembok rumah.Tak peduli seberapa besar rumah yang telah kita bangun dan seberapa cantik kita telah mendisainnya, kalau rumah sebegitu bagusnya tetap terkunci dan tidak dapat dimasuki atau ditinggali, apa gunanya. Tentunya kita memerlukan bantuan dari kunci tersebut untuk mengakses rumah tersebut. Begitu juga dengan nasib si kunci, apabila kita telah memiliki akses masuk, namun apa yang bisa kita kunjungi atau kita tempati kalau ternyata belum ada isinya apa-apa (kosong). Seperti itulah hubungan antara domain dan hosting, kita bisa membangun sebuah website/blogdengan leluasa, namun kita memerlukan domain sebagai alamat yang dapat kita dan orang lain gunakan untuk mengakses website yang telah kita bangun. Yang sudah pasti, domain dan hosting tersebut bisa kita beli dengan harga yang bervariatif sesuai dengan versinya masing-masing, dan Anda tak perlu khawatir karena banyak lembaga / jasa yang menyediakan hosting murah dan domain murah seperti jasa pembuatan toko online.



Semoga Bermanfaat!