BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

BISNIS ITU KERAS, SIAPKAN MENTAL BAJA MU!

23 Mei 2016

ADMIN

BISNIS

316 views

Perjuangan Bisnis

Ketika seseorang memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, maka satu hal yang pasti harus mereka sadari bahwa, mereka akan bertemu dengan jutaan resiko yang siap menjegal perjalanan karir sebelum mencapai kesuksesan. Dalam perjalanan tersebut, tak jarang seorang pembisnis harus mampu menghadapi berbagai macam rintangan dan hambatan usaha yang bisa datang kapan saja, seperti yang dialami oleh salah satu agency di Indonesia yaitu jasa pembuatan website, resiko yang harus diambil ternyata tidak mudah untuk dijalani, tetapi karena telah memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, maka harus selalu siap sedia dengan segalam macam resiko yang akan dihadapi.


Pertanyaannya adalah, apakah akan menyerah ketika pada satu titik kita merasa bahwa perjuangan untuk menggapai kesuksesan sudah usai. Atau justru mampu bertahan terlepas dari kesuksesan itu telah diraih atau belum. Jika yang terjadi adalah kemungkinan yang pertama, maka bisa dipastikan bahwa Anda belum mempunyai mental baja untuk mampu terjun ke dalam kerasnya dunia bisnis.


Mengapa Harus Bermental Baja?

Seperti yang telah disampaikan sebelum, dalam dunia perniagaan kita akan menemukan banyak sekali dinamika mulai dari masalah produksi, manajemen, keuangan, pemasaran dan masih banyak lagi yang bukan tidak mungkin setiap lini tersebut memunculkan masalahnya sendiri-sendiri.


Di sini bermental baja atau yang bisa diartikan dengan mempunyai tekad dan konsistensi tinggi dalam menjalani sesuatu, sangatlah dibutuhkan karena tanpa itu semua kita akan mudah untuk dirobohkan bahkan dengan badai kegagalan yang tidak terlalu besar. Namun untuk memiliki mental yang sekeras baja tentu tidaklah mudah untuk diraih.


Bagi sebagian pengusaha sukses seperti,  jasa pembuatan website berpendapat bahwa, mental baja mereka dapatkan dari kerasnya kehidupan yang sudah dilalui sejak mereka masih kecil. Sebagian lain, mendapatkan keyakinan diri tinggi akibat banyaknya kegagalan yang telah mereka alami. Namun yang pasti untuk memiliki mental baja diperlukan niat yang sangat kuat dan kemampuan untuk terus mencoba.


Setidaknya ada 3 poin penting sebelum Anda bisa mendapatkan mental yang kokoh dalam menghadapi ketatnya persaingan dan juga problematika bisnis.


1. Mampu Memimpin Diri Sendiri

Poin pertama yang harus kita kembangkan untuk bisa memiliki mental baja adalah dengan mampu memimpin diri kita sendiri. Dalam mengelola sebuah bisnis nantinya bukan tidak mungkin kita memiliki bawahan ataupun rekan bisnis yang mengharuskan kita untuk mampu mengkoordinir mereka dengan baik. Dan sebelum mampu memimpin orang lain, akan lebih baik jika kita memulai dari diri kita sendiri.


Kemampuan manajemen diri memang bukanlah hal yang bisa dimiliki oleh kebanyakan orang. Namun jika Anda memang sudah memantapkan hati untuk terjun ke dunia bisnis, prasyarat yang satu ini tidak mungkin Anda tinggalkan. Lebih dalam lagi, memimpin diri sendiri juga mengandung banyak tuntutan di dalamnya. Yang pertama, harus mampu melihat kelebihan dan keahlian dalam diri. Kita wajib memiliki keberanian untuk mengembangkan kelebihan tersebut demi meraih impian kesuksesan bisnis.


Selain itu memimpin diri juga berarti bisa menempatkan mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita lakukan. Jika kita masih belum bisa mengontrol untuk menghindari hal buruk dan konsisten untuk menjalankan hal baik, maka bisa diartikan kita masih jauh dari sosok yang bermental baja.


2. Ketepatan Dalam Mengambil Keputusan

Poin kedua untuk dapat memiliki mental baja sebagai seorang pengusaha sukses adalah, dengan mampu mengambil keputusan secara tepat. Dalam menjalankan bisnis, nantinya kita bakal menemui persimpangan yang mengharuskan kita untuk mengambil keputusan yang tepat. Dan tak jarang pula kondisi seperti ini terjadi secara spontan dan tidak direncanakan.


Memiliki mental baja sama artinya dengan keberanian yang dipadu dengan kecermatan ketika memutuskan sesuatu. Oleh karena itu seorang pemimpin bisnis yang sukses harus mempunyai ketenangan saat memutuskan segala sesuatu terutama yang berhubungan dengan kinerja bisnisnya.


3. Memiliki Tujuan yang Jelas

Kita bisa melihat banyak contoh pengusaha yang akhirnya bisa meraih kesuksesan besar karena mampu fokus pada tujuan yang telah ditetapkan pada awal karirnya. Tujuan yang jelas serta mampu memanfaatkan peluang dengan baik juga merupakan salah satu jalan untuk mempunyai mental bisnis sekeras baja.


Mereka yang memutuskan untuk memilih bisnis sebagai jalan hidup harus mampu konsisten dalam mencapai sebuah tujuan tertentu. Untuk mempermudah, susunlah tujuan tersebut dalam tingkatan mulai dari yang termudah hingga yang tersulit. Jalankan setahap demi setahap, dan selalu nikmati proses menuju kesuksesan tersebut.



Semoga Bermanfaat!