BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

BESARKAN BISNIS ANDA DENGAN CARA MEMPERLUAS JARINGAN PROFESIONAL ANDA

20 Juni 2016

ADMIN

BISNIS

394 views

Business Network Picture

Untuk mengembangkan bisnis, selain strategi yang tepat, Anda juga memerlukan jaringan profesional yang lebih luas. Dengan memiliki jaringan yang profesional yang luas, maka itu tentu saja akan sangat bagus untuk pengembangan bisnis yang sedang Anda bangun. Dalam dunia bisnis networking sangat penting perannya untuk menunjang kesuksesan bisnis. Namun demikian, untuk memiliki jaringan profesional yang luas ini juga bukan perkara yang mudah.


Salah satunya yang merasakan perjuangan dalam membangun NETWORK yang profesional adalah jasa pembuatan website, dimana harus ada yang namanya, LOYALITAS dan INTEGRITAS. Untuk membangun hal ini tentu tidak mudah, perlu yang namanya konsistensi dan ENDURANCE yang luar biasa. Karena dengan begitu dengan berjalan waktu, NETWORKING yang anda inginkan akan menjadi milik anda.


Dan perlu Anda ketahui bahwasanya sebuah networking yang dibangun dengan baik, dengan kejujuran dan ketulusan pasti akan bertahan lama dan akan terus bermanfaat baik untuk Anda maupun bisnis Anda. Nah, untuk memulainya, ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk memulai membangun jaringan profesional agar lebih luas. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memperluas jaringan profesional Anda dari jasa pembuatan website.


1. Membuat Daftar Orang yang Ingin Anda Kenal

Cara ini sangat sederhana, Anda bisa memulainya sekarang dengan menuliskan “target” orang top yang ingin Anda dekati dan kenali lebih dalam. Setelah itu, segera mulailah menjangkau mereka step by step, jika Anda merasa kesulitan, Anda bisa memulainya dengan berkenalan melalui media sosial. Karena saat ini hampir semua orang memiliki media sosial, maka cara ini bisa menjadi sebuah alternatif yang bagus untuk memulai pendekatan.


Tapi tetap perlu Anda ingat, bahwa memulai komunikasi dengan mereka harus dengan cara yang lebih sopan dan terhormat. Jangan memaksakan diri jika misalnya chat Anda belum dibalas oleh mereka, orang seperti mereka tentu memiliki kesibukan yang sangat padat, Anda harus bersabar.


2. Berkenalan Dengan Orang-orang Baru

Mulai saat ini Anda harus mampu memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien. Jika misalnya Anda sedang dalam pertemuan bisnis, seminar atau event startup, sudah selayaknya Anda manfaatkan baik-baik acara tersebut. Sangat disayangkan jika Anda meninggalkan pekerjaan atau bisnis Anda namun kemudian Anda hanya bertemu sebentar, sekedar bertegur sapa basa basi saja. Hendaknya yang Anda lakukan adalah temui satu atau dua orang atau mungkin tiga orang, kemudian lakukan komunikasi yang intens di situ.


Akrabkan diri Anda dengan mereka kemudian coba masuk lebih dalam dan bangun percakapan yang lebih mengenai passion bisnis mereka. Coba bertanya dan gali segala hal terkait apa yang mereka lakukan dengan bisnisnya, dari komunikasi yang intens tersebut diharapkan akan ada banyak celah untuk bekerja sama dan saling menguntungkan.


3. Lebih Aktif Berkomunikasi Dengan Pebisnis Lain

Salah satu tips untuk memperluas jaringan profesional dalam bisnis adalah dengan lebih meningkatkan keaktifan Anda dalam menjalin komunikasi dengan pebisnis lain. Ketika Anda dalam sebuah event atau acara bisnis, maka fokus Anda harus pada orang-orang baru di sekitar Anda. Jangan hanya berkomunikasi dengan orang yang datang bersama Anda. Usahakan Anda bisa mendapatkan kenalan baru dan kemudian mulai menjalin komunikasi yang intens dengan mereka.


Jika mungkin Anda sedikit pemalu, maka Anda bisa memulainya dari rekan Anda yang barangkali sudah lebih dulu kenal dengan orang tersebut. Cara yang demikian ini sangat bagus untuk menambah dan memperluas jaringan profesional Anda yang di masa depan akan sangat berguna untuk perkembangan bisnis Anda.


4. Bergabung Dengan Komunitas Atau Organisasi Profesional

Tips selanjutnya adalah dengan aktif pada organisasi atau komunitas profesional. Tentu saja ini sangat bagus untuk proses perluasan jaringan profesional Anda, dalam komunitas tersebut Anda akan banyak mendapatkan teman yang tentu akan sangat bermanfaat untuk menambah networking Anda. Selain menambah jaringan yang profesional, dengan aktif di sebuah komunitas, Anda akan selalu mendapatkan ilmu baru atau setidaknya informasi baru terkait bisnis Anda maupun peluang bisnis yang lain.


Tentu saja ini sangat menguntungkan untuk pengembangan bisnis Anda ke depan. Untuk komunitas atau organisasi profesional, tentunya ada banyak sekali yang bisa Anda ikuti. Jika saat ini Anda sama sekali belum mengikuti sebuah komunitas profesional, maka segeralah mencarinya dan kemudian aktif di dalamnya.



Semoga Bermanfaat!