BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

BELAJARLAH MEMAKAI UANG THR DENGAN BIJAK

01 Juli 2016

ADMIN

UMUM

351 views

Uang THR Picture

Menjelang hari lebaran, tentu saja kehadiran uang THR selalu diharapkan. Namun demikian kadang ketika uang THR benar-benar sudah datang, biasanya akan cepat habis begitu saja bahkan belum sampai lebaran datang sudah tidak bersisa. Meski uang THR adalah sekedar uang tambahan penghasilan, namun ada baiknya jika Anda memanfaatkannya dengan lebih bijaksana. Janganlah menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tidak penting dan tidak mendesak.


Untuk itu, Anda harus mengerti dan memahami bagaimana cara memanfaatkan uang THR agar lebih berguna dan bermanfaat. Bukan untuk diri Anda sendiri, namun juga bisa bermanfaat untuk orang di sekitar Anda jika Anda menggunakannya dengan bijak. Simak beberapa tips di bawah ini dalam memanfaatkan uang THR agar lebih bermanfaat dari jasa pembuatan website.


1. Utamakan Untuk Kebutuhan Hari Raya

Anda harus memulainya dengan menyisihkan sebagian uang THR untuk mengutamakan kebutuhan Hari Raya. Ingat ya, kebutuhan bukan keinginan, Anda harus memahami keduanya dengan benar. Pasti menjelang Hari Raya sampai ketika Hari Raya tiba, kebutuhan akan sangat banyak. Karena biasanya ketika Hari Raya tiba akan ada banyak sanak famili yang berdatangan ke rumah untuk bersilaturrahim.


Tentunya kita tidak bisa membiarkan saja mereka tanpa memberi suguhan apapun, setidaknya ada makanan kecil untuk menemani silaturahmi. Nah, Anda harus bisa memprioritaskan terlebih dahulu kebutuhan untuk persiapan menyambut Hari Raya. Atau jika Anda sedang bekerja di luar daerah, maka uang THR sebaiknya Anda gunakan untuk persiapan mudik, seperti membeli tiket dan lain-lain.


2. Usahakan Tetap Menyisihkan Uang Untuk Ditabung

Bagaimanapun juga menabung tetap jadikan sebagai prioritas utama. Kendalikan keuangan Anda saat menghadapi Hari Raya, untuk THR sebaiknya segera Anda ambil beberapa persen untuk disisihkan kemudian ditabungkan.


Tidak perlu banyak, karena saat Hari Raya tentu saja kebutuhan akan sangat banyak. Maka Anda sebaiknya mengambil 10% sampai 20% saja untuk ditabung. Menabung adalah salah satu cara untuk tetap bisa mengendalikan pengeluaran Anda sehingga keuangan tetap bisa seimbang meski pada saat kebutuhan sedang tinggi.


3. Jika Masih Punya Hutang, Anda Bisa Gunakan Uang THR Untuk Membayar

Membayar hutang adalah kewajiban Anda jika punya, maka ketika Anda memiliki sedikit uang berlebih sebaiknya juga perhatikan hutang Anda. Anda harus paham bahwa sebenarnya memiliki hutang itu adalah memberatkan pada keseimbangan finansial Anda. Meski mungkin sekarang belum terasa, namun semakin lama Anda menanggung beban hutang bukan kelonggaran yang Anda dapatkan melainkan beban berat yang akan bertambah semakin berat. So, dahulukan melunasi hutang, atau setidaknya menguranginya sedikit demi sedikit.


4. Berbagi Kepada yang Tidak Mampu

Janganlah menjadi orang yang mementingkan diri sendiri saja, jadikan Hari Raya Anda lebih berkah dengan berbagi kepada yang lebih membutuhkan dan yang tidak mampu. Pastikan puasa Ramadan Anda yang sudah Anda lalui membuat Anda lebih peka terhadap keadaan sosial di sekitar Anda. Tidak perlu jauh-jauh, coba tengok saja tetangga di sekitar Anda dan berbagilah kebahagiaan bersama mereka.


Percayalah, berbagi kebahagiaan bersama mereka jauh lebih membahagiakan dari pada sekedar menghamburkan uang untuk menyenangkan diri sendiri. Mungkin bagi Anda itu adalah hal kecil, tapi bagi mereka yang membutuhkan, apa yang Anda berikan adalah karunia yang luar biasa dari Tuhan yang dilewatkan melalui Anda.


5. Bagus Juga Untuk Persiapan Idul Adha

Jika dirasa semua kebutuhan sudah tercukupi dan ternyata masih memiliki uang sisa dari THR, ada baiknya digunakan untuk mempersiapkan Idul Adha ke depan. Karena Idul Adha juga pasti membutuhkan dana yang tak sedikit. Karena seperti kita ketahui biasanya THR hanya keluar saat Hari Raya Idul Fitri, maka tak ada salahnya jika uang THR dicukupkan untuk menopang kebutuhan saat Idul Adha.


Meski tak sebesar saat Idul Fitri, kebutuhan pengeluaran saat Idul Adha tentu lebih besar dari pada pengeluaran hari-hari biasa. Apalagi jika Anda memiliki niatan untuk turut berqurban saat Hari Raya Idul Adha, maka menyisihkan uang sejak dini akan sangat membantu nantinya.



Semoga Bermanfaat!