BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

BAGAIMANA ANDA MEMBANGUN REPUTASI DI BISNIS ONLINE? INILAH 7 TIPSNYA!

17 November 2015

ADMIN

BISNIS

617 views

Reputasi Bisnis Online

Memulai bisnis online di kala sudah ada banyak persaingan tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Bila sudah memulai, Anda harus sangat menjalaninya dengan sabar, teliti, dan terus memiliki inovasi yang kreatif.


Hal yang paling utama dalam bisnis adalah brand. Ibaratnya, brand merupakan nyawa dalam bisnis Anda. Saat sudah menemukan nama dan logo yang cocok untuk brand bisnis Anda, itulah saatnya Anda mencari cara memperkenalkan dan memasarkan brand tersebut dengan membuat sebuah website toko online dengan menggunakan jasa pembuatan website yang profesional. Saat proses ini terpenuhi dengan baik, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara Anda membangun sebuah reputasi yang baik di masyarakat.


Membangun reputasi bukan hanya bagaimana Anda mengkomunikasikan itu secara langsung kepada pelanggan, tapi bagaimana Anda membangun reputasi online bisnis Anda. Alasannya, karena perkembangan teknologi kini akan berpengaruh pada semua kegiatan, termasuk promosi bisnis, apalagi bila bisnis yang Anda jalankan adalah berupa toko online. Anda juga dapat membuat bisnis webiste anda memikat orang lain, temukan caranya melalui artikel ini  TIPS UNTUK MEMBUAT BISNIS WEBSITE ANDA MEMIKAT


Untuk membangun reputasi brand di bisnis online ini, Anda bisa menyimak tips berikut dari kami jasa pembuatan website:


1. Waspada

Selalu online di sosial media ternyata sangat bermanfaat dalam membangun reputasi bisnis. Anda harus rajin memantau dan mengamati percakapan yang terjadi pada akun atau postingan di social media Anda. Apa saja yang orang lain bicarakan? Bisnis, produk, layanan, pesaing Anda, ataukah hal lainnya dari kesemua topik tersebut? Manfaatkan informasi yang bisa Anda kumpulkan untuk dicari mana topik yang dapat membangun atau malah menjatuhkan bisnis Anda.


 2. Jujur

Jaga kejujuran disaat Anda berniat mencari kepercayaan dari pelanggan dan calon pelanggan Anda. Jika Anda melakukan kesalahan, jangan sungkan mengakuinya dan meminta maaf kepada mereka. Jika masalah yang terjadi adalah kesalahan pada produk, maka jujurlah pada pelanggan tentang apa yang terjadi. Orang – orang akan lebih menghargai suatu komunikasi yang dilandasi kejujuran daripada hanya mengumbar janji dan promosi semata.


 3. Terbuka

Tidak mudah menemukan pribadi atau suatu perusahaan yang mau terbuka kepada pelanggan mereka, tapi sebenarnya keterbukaan diperlukan dalam bisnis Anda. Ketika perusahaan, produk, layanan, atau karyawan Anda berada dibawah tekanan dan serangan, maka ini akan sulit untuk bersikap tertutup. Namun jika Anda menunjukkan kesediaan untuk berbicara dan berbagi sedikit dengan mereka, mereka akan menciptakan kesan keterbukaan antara bisnis dengan pelanggannya, dan akan secara otomatis menciptakan pelanggan yang setia untuk bisnis Anda.


 4. Jadilah Aktif

Sosial media bukan hanya tempat melakukan promosi secara massal tanpa ada interaksi apapun. Usaha Anda untuk menjalin hubungan baik dan komunikasi dengan pelanggan dapat terwujud dari keaktifan Anda berinteraksi dengan mereka. Cobalah untuk bisa menjadi teman dan pemberi solusi bagi setiap masalah bisnis yang mereka hadapi. Saat mereka datang kepada bisnis Anda, mereka menaruh harapan bahwa bisnis Anda mampu menjadi solusi bagi mereka. Nah, tugas Anda adalah menjadi lebih aktif untuk bertanya dan menyuguhkan apa yang mereka butuhkan.


 5. Konsisten

Saat sebuah bisnis sudah mulai tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar, mereka akan dituntut untuk bisa konsisten di segala bidang, baik secara visi misi, planning kerja, atau bahkan kegiatan promosi mereka. Maka penting bagi sebuah bisnis untuk bisa menunjukkan konsistensi mereka dalam segala hal. Tujuannya adalah untuk benar – benar membentuk karakter bisnis tersebut dan juga membangun reputasi baik secara online ataupun offline pelanggan mereka.


 6. Kreatif

Teknologi akan terus berkembang, begitupula sosial media, dimulai dari template, cara posting, hingga audienspun akan terus berkembang. Ini yang memaksa pebisnis untuk bisa lebih dan selalu kreatif dalam melakukan kegiatan promosi mereka. Pebisnis juga harus kreatif dalam membentuk reputasi di masyarakat, supaya tidak terjadi kejenuhan di kalangan pelanggan. Kembangkanlah ide – ide untuk bisa mendekatkan brand kepada pelanggandansekaligus membawa Anda untuk mendapatkan bukan hanya reputasi, tapi tentu saja pelanggan yang lebih banyak lagi.


7. Tetaplah Bangga

Penting bagi sebuah perusahaan memiliki karyawan yang bangga terhadap Visi Misi yang akan dicapai oleh perusahaan tersebut. Rasa bangga ini akan memacu karyawan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan, juga akan membantu karyawan dalam mengenalkan perusahaannya kepada masyarakat luas dan menciptakan reputasi baik di dalamnya. Karena bagaimanapun, masyarakat akan mudah percaya dari apa yang mereka dengar. Baik buruknya perusahaan adalah kunci keberhasilan pembangunan reputasi bisnis di masyarakat.


Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin MEMPERTAHANKAN REPUTASI BISNIS ONLINE Anda!