BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

APA ITU PARALLAX SCROLLING PADA WEB DESIGN?

27 November 2015

ADMIN

WEBSITE

2518 views

Parallax Scrolling

Paralaks, atau lebih tepatnya paralaks gerak (bahasa yunani: παραλλαγή (parallagé)) adalah perubahan kedudukan sudut dari dua titik diam, relatif satu sama lain, sebagaimana yang diamati oleh seorang pengamat yang bergerak. Secara sederhana, paralaks merupakan pergeseran yang tampak dari suatu obyek (titik 1) terhadap latar belakang (titik 2) yang disebabkan oleh perubahan posisi pengamat.


Pengertian lain dari parallax adalah efek yang biasa kita lihat ketika sedang menaiki kendaraan, objek yang berjarak dekat akan terlihat bergerak lebih cepat dibandingkan objek dengan jarak yang jauh. Parallax akan memberikan kesan 3 Dimensi jika diterapkan pada objek 2 Dimensi.
Misalnya pada kasus berikut, kita akan merubah objek 2D menjadi tampak seperti objek 3D karena seakan-akan objek-objek tersebut mempunyai jarak dan pergerakan yang berbeda.


Istilah parallax sendiri pertama kali berawal dari efek visual 2 dimensi pada video game dimana latar belakang dan objek terpisah seolah-olah menciptakan ilusi kedalaman antara objek tersebut. Terkadang latar belakang bergerak lebih lambat dibanding dengan objek karakter yang dimainkan tergantung dari interaksi. Konsep ini digunakan dalam desain web saat ini.


Fenomena Desain Website dengan Parallax Scrolling sedang meningkat popularitasnya di Internet pada tahun 2015. Pengunjung menikmati pengalaman browsing di website yang baru. Para developer dan web designer berlomba-lomba menghias website mereka untuk menarik minat pengunjung dengan berbagai cara atau teknik parallax ini.


Tanpa kita sadari perkembangan dari design web begitu cepat dan semakin menarik untuk diikuti. Para developer pun juga sudah mulai menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi. Karena permintaan dari client pun sekarang mulai mengikuti trend terbaru seperti teknik parallax scrolling. Jasa pembuatan website pun mulai menerapkan parallax scrolling disetiap webiste yang di develop, sehingga secara tampilan design sangat menarik dan sangat memanjakan mata dari setiap pengunjung.


Berikut ini Tips dari jasa pembuatan website untuk membuat Situs Parallax

  1. Jangan membuat website anda terlalu rumit
  2. Gunakan untuk bercerita menggunakan visual
  3. Buatlah menyenangkan dan menarik dengan kedalaman menggunakan layer
  4. Sediakan fasilitas mengajak pengunjung untuk melakukan sesuatu, misalkan meminta email mereka atau bergabung di suatu forum
  5. Perhitungkan kompatibilitas browser


Jika anda ingin menerapkan teknik parallax scrolling dalam pembuatan website anda, silahkan hubungi jasa pembuatan website untuk mewujudkan ide dan pemikiran Anda sehingga bisa dituangkan menjadi suatu inovasi terbaru.


Semoga Bermanfaat!