BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

7 FAKTA UNIK DARI SITUS WIKIPEDIA

10 Agustus 2016

ADMIN

INTERNET

393 views

Wikipedia Picture

Sebagai salah satu wujud situs yang populer, Wikipedia memang selalu menawarkan hal menarik bagi para netizen. Situs yang memiliki jutaan artikel dalam databasenya ini lantas selalu menjadi rujukan bagi banyak orang, terutama kalangan pelajar untuk media belajar atau juga mengerjakan tugas. Dari kepopuleran Wikipedia ini lantas banyak orang yang menggunakan kata “pedia” sebagai kata ajaib untuk melejitkan situs atau website yang dibuatnya.


menurut jasa pembuatan website, hampir jutaan click yang selalu masuk ke situs wikipedia. Ini menandakan bahwa wikipedia menjadi salah satu situs paling sarat akan berjuta-juta informasi yang akan memberikan jawaban dalam sekejap. Wikipedia sangat membantu kalangan banyak orang dalam memberikan semua pengetahuan yang ingin dicari.


Situs Wikipedia sendiri yang muncul di tahun 2000 adalah berawal sebuah project kecil sebagai pendukung dari Nupedia. Dengan ketelatenan maka pada tanggal 09 Maret 2000, Wikipedia pun lahir di bawah kepemilikan sebuah perusahaan portal web Bomis. Nah di balik Wikipedia sendiri, ada beberapa fakta unik yang sebenarnya perlu kita ketahui. Berikut ulasan dari jasa pembuatan website.


1. Berawal dari Software WikiWikiWeb

Fakta unik pertama dari situs Wikipedia yang jarang diketahui publik adalah awal mula Wikipedia yang berasal dari software WikiWikiWeb. Ya, sebelum hadir nama Wikipedia, cikal bakal situs yang dikembangkan oleh Howard G Cunningham yang merupakan programmer asal Amerika Serikat adalah sebuah perangkat lunak bernama WikiWikiWeb. Karena terlalu panjang maka software ini pada tahun 1994 disingkat dengan nama Wiki. Dari sinilah awal mula perjalanan situs populer Wikipedia berasal.


2. Sebelumnya Bernama Wikipedia.com

Berikutnya, fakta unik dari situs Wikipedia yang jarang diketahui publik yaitu adanya domain dot org (.org) yang digunakan. Dari riwayatnya diketahui bahwa pada awal mula penciptaan situs Wikipedia ini sebenarnya bernama Wikipedia.com. Tapi setelah berjalan beberapa waktu dimana tujuan berubah pada hal sosial dan tidak untuk mencari uang, maka domain situs Wikipedia pun dirubah menjadi Wikipedia.org.


3. Ada Wikipedia Website Khusus Anak-Anak

Selanjutnya, fakta unik dari situs Wikipedia yang jarang diketahui publik yaitu adanya Wikipedia khusus untuk anak-anak. Untuk membuka situs wikipedia khusus untuk anak-anak ini Anda hanya tinggal mengakses halaman simpel.wikipedia.org. Situs khusus ini selain juga diperuntukkan untuk anak-anak juga bisa dimanfaatkan untuk siapapun yang mengalami kesulitan untuk membaca. Dari sini Wikipedia khusus anak-anak ini akan semakin mudah untuk dipahami.


4. Situs Tanpa Iklan

Pada umumnya sebuah situs atau website sangat membutuhkan sokongan atau dana dari iklan agar bisa mempertahankan eksistensinya. Namun hal ini tidak berlaku bagi Wikipedia yang ternyata tidak memberlakukan iklan untuk pengembangannya.


Dari sini kemudian muncul pertanyaan, dari mana Wikipedia mendapatkan uang untuk keberlangsungan situsnya? Karena domain Wikipedia ini adalah dot org (.org) maka bisa dipastikan bahwa dana yang digunakan untuk pengembangan website berasal dari donasi para pengunjung yang tergerak hatinya untuk menyumbang. Tentu saja para penyumbang untuk situs non-profit sekelas Wikipedia ini jumlahnya sangat banyak dengan nilai yang juga besar.


5. Satu Artikel Dibaca Sekitar 21 Juta Orang

Kepopuleran Wikipedia memang tak bisa lagi diragukan, sebab situs yang sudah tersedia dalam beberapa bahasa ini tercatat sudah dikunjungi lebih dari 325 juta orang setiap harinya. Tidak hanya itu, pada setiap satu artikel yang dimiliki di Wikipedia, ada sekitar 21 juta orang pengunjung yang membacanya.


6. Diedit Ketika Cuaca Sedang Buruk

Hal unik dan menarik lainnya dari situs Wikipedia adalah waktu terjadinya penggubahan atau editing artikel. Bila kebanyakan situs menghindari cuaca buruk saat melakukan penggubahan pada situs, berbeda dengan Wikipedia yang ternyata diketahui  memanfaatkan waktu cuaca buruk saat proses editing-nya. Hal ini terjadi karena saat terjadi cuaca buruk di luar, maka orang-orang malas untuk bepergian dan memilih untuk kemudian melakukan editing artikel Wikipedia di rumahnya.


7. Keakuratan Artikel Dipertanyakan

Terakhir, fakta unik dari situs Wikipedia yang jarang diketahui publik adalah adanya keakuratan artikel Wikipedia yang dipertanyakan. Memang meski sangat populer namun artikel Wikipedia ini banyak yang mempertanyakan keakuratannya. Hal ini tidak lain tidak bukan disebabkan oleh banyaknya kemungkinan orang yang melakukan editing pada sebuah artikel Wikipedia.


Dalam sebuah catatan bahkan terkuak fakta bahwa artikel Wikipedia ini bisa diedit hingga 1 milyar kali oleh para netizen. Dari sinilah yang membuat kualitas artikel di Wikipedia dipertanyakan. Keakuratan artikel di Wikipedia ini sendiri kemudian disimpulkan dengan nilai yang sebesar 80 % saja.



Semoga Bermanfaat!