BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

5 PROFESI BERIKUT INI COCOK BUAT ANDA SEBELUM ANDA TERJUN MENJADI PENGUSAHA

06 September 2016

ADMIN

BISNIS

355 views

Pengusaha Picture

Jasa pembuatan website yang merupakan salah satu agency yang bergerak dibidang penawaran dan pembuatan website berpendapat, menjadi pengusaha sukses pasti terasa menyenangkan. Selain tidak tergantung pada atasan, kita akan memiliki rasa kepuasan tersendiri karena bisa membantu membuka lapangan kerja untuk orang lain. Namun menilik beberapa kisah sukses, tidak sedikit pengusaha sukses yang memulai atau mengawali jalan kesuksesan-nya dengan berkarir sebagai pekerja kantoran terlebih dahulu.


Berkarir sebagai pekerja kantoran sebelum jadi pengusaha memang sah-sah saja dan tidak ada salahnya. Tapi untuk bisa membuat karir ini mendukung ilmu bisnis yang akan dijalani nantinya, maka para calon pengusaha sebaiknya memilih beberapa pekerjaan tertentu. Ya, memang tidak semua pekerjaan akan bisa mendukung kegiatan entrepreneurship di masa depan, hanya beberapa profesi atau pekerjaan yang akan mendukung aktivitas bisnis.


Nah, berikut ini beberapa profesi atau pekerjaan yang akan mampu mendukung kegiatan entrepreneur versi Dimbleweb.


1. Bisnis Ritel

Bidang karir atau pekerjaan pertama yang akan bisa mendukung impian Anda jadi pengusaha nantinya adalah bisnis ritel. Ritel sendiri adalah kegiatan yang berkaitan dengan perdagangan. Dengan bekerja di dunia ritel Anda akan memiliki ilmu mengenal konsumen lebih baik. Hal ini dikarenakan dunia ritel akan membuat Anda berhadapan dengan berbagai jenis konsumen yang memiliki sifat dan karakter yang bermacam-macam.


Dari komunikasi dan interaksi Anda dengan beberapa konsumen tadi maka Anda akan mampu mengenal berbagai macam sifat dan kepribadian konsumen serta juga memahami kebutuhan dan keinginannya. Selain itu, semakin lama Anda menjalani profesi ini maka dengan pengalaman tersebut Anda akan mampu memiliki sikap dan reaksi yang tepat ketika berhadapan dengan konsumen yang komplain dan tidak puas pada layanan bisnis Anda.


Nah, saat nanti Anda benar-benar telah menjadi pengusaha maka Anda akan sudah memiliki sejumlah ilmu dan pengalaman yang berarti.


2. Bisnis Makanan

Berikutnya, bidang karir atau pekerjaan yang akan bisa mendukung impian Anda jadi pengusaha nantinya adalah sektor bisnis kuliner atau bisnis makanan. Meski tak sesuai dengan impian bidang bisnis Anda nantinya, namun bekerja di sektor makanan akan membuat Anda mampu memperoleh keterampilan yang mendukung kegiatan entrepreneur secara umum.


Beberapa keahlian umum yang bisa diperoleh di sektor makanan ini antara lain; pelayanan yang maksimal, bekerja dengan deadline yang ketat, dan juga keahlian menghadapi berbagai sikap konsumen.


3. Divisi Marketing/ Pemasaran

Sektor marketing juga tak kalah baiknya untuk Anda pilih sebagai profesi sebelum jadi pebisnis. Ya, yang namanya bisnis atau usaha, apapun itu wujud dan bentuknya, pastinya akan berhubungan atau berkaitan dengan pemasaran. Nah, sektor marketing ini akan membuat Anda memiliki pengalaman bagaimana cara memasarkan sebuah produk.


Semakin lama Anda bekerja di sektor ini maka ilmu dan pengalaman Anda dibidang marketing akan semakin mumpuni dan semakin membantu Anda dalam menggapai impian menjadi pengusaha sukses nantinya.


4. Divisi Customer Service

Selanjutnya, bidang karir atau pekerjaan yang akan bisa mendukung impian Anda jadi pengusaha nantinya adalah customer service. Dunia customer service atau layanan konsumen ini memang akan menuntut para pekerjaanya memiliki beberapa keahlian.


Sebut saja keahlian berkomunikasi dengan konsumen atau juga berhadapan dengan sikap konsumen. Dari keahlian dan keterampilan berinteraksi dengan konsumen inilah maka akan membuat Anda memiliki ilmu dan pengalaman yang Anda bawa saat Anda jadi pengusaha nantinya.


5. Manajemen

Terakhir, bidang karir atau pekerjaan yang akan bisa mendukung impian Anda jadi pengusaha nantinya adalah manajemen. Ya, setiap usaha atau perusahaan memang membutuhkan sebuah manajemen. Jika Anda pernah menjalani profesi atau pekerjaan di bidang manajemen selama beberapa waktu maka Anda akan mempunyai ilmu dan pengalaman soal pengaturan bisnis. Ilmu manajemen atau pengaturan yang diperoleh dari pekerjaan ini antara lain; manajemen diri, manajemen tim kerja, manajemen perusahaan, dan juga manajemen waktu.


Di atas tadi adalah beberapa pilihan karir atau pekerjaan yang bisa mendukung Anda pada impian menjadi pengusaha. Jadi, sekali lagi menjalani karir di dunia kerja terlebih dahulu sebelum menjadi pengusaha adalah hal yang wajar. Tapi pastikan profesi yang Anda ambil adalah pekerjaan yang bisa mendukung cita-cita dan impian Anda untuk jadi pengusaha.



Semoga Bermanfaat!