BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

4 TREN PEMASARAN YANG DIPREDIKSI AKAN BERUBAH DI TAHUN 2016

23 Desember 2015

ADMIN

BISNIS

447 views

Tren Pemasaran Picture

Sebentar lagi tahun 2015 akan berakhir dan tahun 2016 akan hadir. Pergantian tahun ini harusnya dijadikan bahan koreksi dan evaluasi bagi Anda para pebisnis atau pengusaha begitu pula dengan jasa pembuatan website. Setiap terjadi pergantian tahun ini umumnya akan ada beberapa hal yang mengalami perubahan selain angka tahun itu sendiri.


Salah satu wujud perubahan di dunia bisnis yang diprediksi akan berubah pada tahun 2016 ini adalah tren pemasaran atau marketing. Tentu saat kondisi pemasaran ini memang mengalami perubahan, Anda sebagai pengusaha mau tak mau harus bisa menyesuaikan diri. Mengapa? Karena pemasaran ini adalah hal yang paling krusial untuk menjadikan bisnis Anda berkembang, jalan di tempat atau malah mengalami degradasi.


Lalu apa saja tren pemasaran yang diprediksi akan mengalami perubahan pada tahun 2016 nanti? Berikut ini ulasan yang coba di rangkum oleh jasa pembuatan website.


1. Fokus Pada Hubungan Pemasaran yang Lebih Luas

Tren pemasaran atau marketing pertama yang diprediksi akan mengalami perubahan pada tahun 2016 adalah konsentrasi atau fokus perhatian pada hubungan pemasaran. Tren berfokusnya para pengusaha pada hubungan jalinan pemasaran yang lebih luas ini memang mau tak mau harus dilakukan pebisnis karena kini Indonesia sedang menjalankan pasar bebas Asia Tenggara.


Dengan adanya pasar bebas Asia Tenggara ini tentu membuat para pebisnis atau pengusaha akan mendapatkan banyak ruang yang luas untuk memperluas pemasarannya. Namun harus diingat bahwa di balik keleluasaan itu ada tingkat persaingan usaha yang semakin sengit antar para pengusaha.

Selain karena pasar bebas Asia Tenggara, pemasaran yang akan semakin tumbuh dan meluas pada tahun 2016 ini juga disebabkan oleh boomingnya penggunaan smartphone untuk melakukan pembelian produk dan juga pemberian saran dan testimonial.

Maka dari itu cobalah mulai dari sekarang untuk membentuk hubungan yang baik dengan mitra, pelanggan dengan brand yang Anda miliki. Jangan lupa bahwa saat ini pelanggan jauh lebih pintar dalam membedakan pengalaman mana yang baik dan yang buruk.


2. Penggunaan Marketing Perangkat Mobile

Seperti disinggung dari poin nomor satu di atas, bahwa penggunaan smartphone di tahun 2016 akan semakin meningkat. Dari sini Anda sebagai pengusaha harus mau ikut mengikuti tren penggunaan gadget ini.

Lakukan dan gunakan perangkat ini untuk melakukan marketing yang diprediksi akan semakin efektif dan menguntungkan. Sebuah kenyataan saat ini memang telah membuktikan bahwa pencarian via mobile lebih banyak daripada via desktop atau perangkat yang lain. Bahkan keberadaan mobile yang fenomenal ini membuat Google merubah sistemnya untuk lebih friendly dengan pencarian via perangkat mobile.

Lebih dari itu Google pun memberikan hukuman bagi website yang tidak mengoptimalkan versi mobile. Hal ini dilakukan karena Google memang ingin penggunanya bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan mudah meskipun melalui perangkat mobile.


3. Pemakaian Pemasaran Konten yang Lebih Kompleks

Jika Anda selama tahun 2015 menggunakan teknik pemasaran konten, maka di tahun 2016 Anda harus mengikuti dan menyesuaikan perubahan konten dengan tren dan kebutuhan pasar. Hal ini disebabkan pada tahun 2016 nanti, kata kunci sampai dengan algoritma mesin pencarian diprediksi akan mengalami perubahan besar.

Dari yang awalnya hanya membuat konten di website, blog atau media sosial, maka di tahun 2016 nanti semua konten diharuskan berkembang. Jadi Anda tidak akan bisa lagi mengandalkan konten tulisan saja, namun lebih dari itu Anda juga harus membuat konten video ataupun gambar. Indikasi ini semakin nyata saat Google nampak terus mengidentifikasi dan menghukum para pengguna media mobile yang melakukan kecurangan dalam pengalihan konsumen ke konten yang dibuatnya.


4. Iklan yang Berfokus Pada Target Pasar

Terakhir, tren pemasaran yang diprediksi akan berubah di tahun 2016 adalah iklan yang harus berfokus pada target pasar. Saat ini memang para pengusaha diharuskan memiliki target pasar yang lebih spesifik. Penentuan target pasar yang lebih khusus dan spesifik ini memang terbukti nyata makin efektif dan diprediksi akan semakin bertumbuh di tahun 2016. Maka jika Anda masih belum memiliki target pasar yang jelas dan spesifik, kini saatnya Anda harus menentukannya.

Dengan memiliki  target pasar yang spesifik ini maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan marketing atau beriklan. Untuk bisa mendapatkan target market yang tepat dan spesifik ini Anda bisa menggunakan beberapa Tools seperti Google Adwords, Facebook Ads dan platform iklan yang! lainnya.



Semoga Bermanfaat!