BLOG

Dapatkan berbagai artikel, berita, dan tips menarik dari kami

10 CARA MEMBUAT WEBSITE TAMPAK PROFESIONAL

25 September 2015

ADMIN

WEBSITE

431 views

Website Profesional

Anda mungkin memiliki sebuah website untuk sejumlah alasan. Jika anda ingin menjual produk, maka anda membutuhkan sebuah website untuk mendisplay produk anda dan memungkinkan orang untuk menghubungi atau membeli produk anda. Jika anda seorang profesional, maka anda membutuhkan sebuah website untuk menunjukkan siapa anda, profesi anda dan apa yang dapat anda lakukan, sehingga orang dapat menghubungi dan menggunakan jasa anda.


Tujuan dari membuat website adalah segala hal tentang mempromosikan diri anda, baik itu merek, produk atau nama pribadi anda. Tidak akan ada yang pernah tahu tentang merek anda kecuali anda menempatkannya diluar sana, dan jika profesi anda sebagai seorang desainer, developer, penulis, fotografer atau berbagai macam jenis lainnya yang kreatif, maka penting bahwa anda memiliki sebuah website portofolio yang baik. Lantas bagaimana cara membuat sebuah website yang baik?


Berikut ini kami dari Jasa Pembuatan Website coba menjabarkan beberapa hal yang penting, sehingga anda terlihat profesional dalam usaha bisnis online.


1. Logo

Logo adalah hal pertama yang dilihat oleh pengguna online. Di dunia barat, kita membaca dari kiri ke kanan, atas ke bawah, sehingga masuk akal untuk menempatkan logo anda di kiri atas atau di tengah atas website anda sehingga pengguna bisa segera mengidentifikasi siapa yang memiliki website. Logo anda merupakan indikasi pertama dari “gaya pribadi” anda kepada orang-orang mengunjungi situs anda.


2. Tagline

Setelah pengguna melihat website anda, mereka akan ingin tahu apa yang anda lakukan. Ini adalah dimana anda menjelaskan apa yang anda lakukan dengan tagline. Tagline anda harus pendek dan tajam, meringkas apa yang anda lakukan. Tagline anda adalah deskripsi dari siapa anda, apa yang anda lakukan dan yang paling penting, customer anda akan menerima layanan seperti yang tertulis dalam kalimat pendek atau slogan anda.


3. Portfolio

Portofolio akan menentukan apakah website anda menarik atau tidak. Pengunjung website anda ingin melihat pekerjaan atau project anda sebelumnya, untuk memutuskan apakah anda cukup baik atau tidak dengan apa yang telah anda selesaikan hingga saat ini. Website anda harus memiliki portofolio bergambar yang jelas, berkualitas dan mudah diakses oleh pengunjung website anda. Selalu sertakan link ke situs website dari setiap project yang telah anda kerjakan, atau link screenshot anda ke versi live. Sertakan penjelasan singkat untuk setiap project, termasuk keterampilan berbeda yang anda butuhkan untuk menyelesaikan project tersebut.

4. Service

Tagline akan menyimpulkan apa yang anda lakukan, tetapi disini anda perlu untuk membuatnya lebih detail dan memberikan penjelasan sedikit lebih lanjut tentang apa yang anda tawarkan. Anda tidak dapat mengharapkan orang untuk menebak-nebak apa yang anda lakukan berdasarkan pada portofolio anda, dan anda tidak ingin membuat mereka bertanya-tanya apakah anda menawarkan layanan tertentu atau tidak. Berikan keterangan yang jelas dan tulis secara detail tentang apa yang anda tawarkan, apakah itu produk, desain web, video editing, copywriting, branding dan sebagainya.


5. About

Disini adalah tempat untuk menceritakan semua tentang anda, mulai dari latar belakang anda, dari mana anda berasal, berapa tahun anda sudah berkecimpung dalam bisnis ini dan sebagainya. Semakin jelas infromasi yang anda berikan, maka semakin baik pula pengunjung website dapat membentuk ikatan dan membangun kepercayaan dengan anda. Jangan takut untuk memperlihatkan prestasi dan penghargaan anda disini, anda perlu menunjukkan bahwa anda kompeten pada apa yang anda lakukan.


6. Contact

Ini adalah salah satu aspek yang paling penting dari sebuah website, tetapi seringkali banyak orang membuatnya tampak tersembunyi atau bahkan diabaikan. Apabila seorang potensial customer telah melihat website anda, terkesan dengan portofolio anda dan telah mengenal siapa anda. Berikutnya yang paling penting adalah bagaimana mereka dapat menghubungi anda.


7. Blog

Menulis artikel dalam sebuah blog selalu merupakan ide yang bagus. Tulislah blog tentang bidang keahlian anda, hal itu akan menunjukkan bahwa anda tahu apa yang anda bicarakan. Hal ini akan membantu mempromosikan diri anda dan mencegah website anda berada dalam kondisi statis atau tidak ter-update.

8. Call to Action

Tanyakan kepada diri anda, apa yang paling anda inginkan dari website anda. Apakah anda ingin mendapatkan banyak order? Ingin menarik lebih banyak pembaca datang ke blog anda? Atau mungkin anda hanya ingin orang tahu dan mengenal siapa anda? Dalam setiap halaman website anda harus memiliki bagian Call to Action, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberi tombol untuk Action yang dapat terlihat jelas dan menonjol di setiap halaman.

9. Use Social Networking Websites

Setelah membaca banyak bagian dalam website anda, kini mereka yang telah berminat kepada produk, jasa atau penawaran anda, akan mendorong mereka untuk mengikuti anda melalui situs-situs jejaring sosial yang lain. Anda dapat memberi penjelasan pada mereka, bahwa mereka dapat mengikuti anda di Twitter, Facebook, Flickr, LinkedIn, dan sebagainya.


10. Language and Communication

Bagian yang terakhir adalah komunikasi. Anda perlu membangun komunikasi dengan setiap pengunjung website anda, karena suatu saat mereka dapat menjadi calon potensial customer anda. Jadilah ramah dan bersahabat, tetapi juga jelas dan tepat, jangan bertele-tele.